Roadshow Industrialisasi Gubernur NTB di Lotim Pamerkan Karya Industri Permesinan Buatan Lotim


Lombok Timur, Media Dinamika Global.Id.__
Roadshow Industrialisasi di Kabupaten Lombok Timur yang telah sukses dilaksanakan pada 12 Oktober lalu memamerkan berbagai jenis produk lokal salah satunya produk industri logam. Di bawah naungan komunitas pelaku industri logam Asosiasi Pengusaha dan Pengrajin Logam (ASPEL) turut berpartisipasi untuk meramaikan dan memamerkan mesin-mesin buatan karya Lombok Timur.


Ada beberapa jenis mesin yang dipamerkan, seperti mesin roasting kopi, mesin tungku gasifikasi, mesin penggiling, dan lainnya. Mesin-mesin yang diproduksi ini berdasarkan dari permintaan dan juga potensi-potensi industri di lombok, seperti mesin roasting kopi yang dibutuhkan para Industri Kecil Menengah (IKM) kopi untuk memproduksi produk kopi roasting, dan mesin tungku gasifikasi yang dibutuhkan para petani tembakau untuk mengeringkan hasil panen tembakau. Jadi tidak hanya memproduksi tetapi berdampak langsung oleh penggunanya.


Kabupaten Lombok Timur termasuk Kabupaten yang memiliki ekosistem permesinan yang lengkap, dimana Kabupaten Lombok Timur memiliki UPT Logam Kotaraja yang terletak di Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur. Dilansir dari (https://lombokpost.jawapos.com) kehadiran UPT Logam Kotaraja diharapkan menjadi pusat industrialisasi usaha logam di Lotim. Bahkan NTB. Untuk itu, industri tersebut dapat berkembang lebih jauh dan mampu menghasilkan produk yang tidak kalah saing dengan pabrik besar lainnya di Indonesia.

Dalam penyampaiannya saat Roadshow di Lombok Timur, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc berharap bahwa industri permesinan yang ada di Lombok Timur ini nantinya dapat menunjang komoditas industri lainnya. 

"Lotim sudah mampu buat mesin, bisa saja hasil dari pertanian kita kalengkan. Harapannya bisa mendukung komoditas industri yang lain, agar memiliki nilai tambah juga," tutupnya. (Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 komentar