Road Show Industrialisasi Gubernur NTB Ke-7, Gubernur Bangga kabupaten Dompu Miliki Ikan Tuna dalam Kaleng


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__
Dinas Perindustrian menjadi Ketua Panitia sekaligus Penggagas Road Show dan Talk Show dalam gelaran "Sinergitas Pengembangan SDM Industri dalam mendukung Industri Prioritas di Kabupaten Dompu" yang diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Dompu. Selasa (18/10/22).

Dalam Road Show industrialisasi Gubernur NTB Ke-7, Gubernur Bangga kabupaten Dompu miliki Ikan Tuna dalam Kaleng.
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menyampaikan bahwa, Industrialisasi merupakan proses panjang yang tidak dapat dilihat hasilnya dalam waktu singkat.
"Industrialisasi bukan Bim Salabim, tapi suatu keniscayaan yang harus dan wajib kita mulai," ungkap Gubernur NTB.
Gubernur berkisah, saat di Surabaya, Industri perikanan begitu pesat. Padahal, ikan tersebut dibeli dari Bima hingga Sekotong. Tapi orang Surabaya mampu mengolah, kemudian dijual kembali ke NTB dengan harga yang jauh lebih mahal.
"NTB daerah yang berani memulai, Industrialisasi di Indonesia belum jalan, maka jangan heran bangsa ini belum menjadi negara maju," tegas Gubernur yang populer disapa Bang Zul.
Bang Zul mengibaratkan Kabupaten Dompu seperti halnya Inggris ratusan tahun lalu, daerah tertinggal. Maka Industrialisasi hadir untuk mengejar ketertinggalan tersebut.
"Ayo kita memulai dari hal-hal yang sederhana, merubah cabai menjadi sambal, merubah ikan menjadi abon, Insya Allah dengan itu semua, daerah kita terhindar dari ketertinggalan," tutup Bang Zul.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti, SE., ME., Mengucapkan Terima kasih PT. STM Dompu, PT. SMS Dompu, Bank NTB Syariah dan Serta teh kelor dan Organik kosmetik Lombok 
Yang telah menjadi sponsor kegiatan di Dompu.
"Sinergitas bangun SDM Industrialisasi Dompu semakin solid
Memberikan nilai tambah bagi hasil sumber daya alam," ucap Kadis Perindustrian NTB.
Lanjutnya, SDM lingkar tambang di Hu'u telah diberikan beasiswa, 5 sampai 10 tahun insyaAllah akan menjadi aktornya, Perlu diperbanyak, agar tidak menjadi penonton. Kedepankan Etika dan adab sangat perlu ditekannkan juga sebagai daerah industri kedepannya.
"Termasuk merangkul alumni teman sekolah SD, SMP, dan SMA agar dengan berbagai profesinya saat ini, menjalin ekosistim untuk kesiapan SDM pelaku UMKM lebih baik," pungkas Nuryanti.
Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Kepala Bank Indonesia Wilayah NTB, Pimpinan Bank NTB, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov NTB. (Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 komentar