Produk IKM Lombok Timur Ramaikan Kegiatan Expo Industrialisasi


Lombok Timur, Media Dinamika Global.Id.__
Berbagai jenis produk lokal meramaikan Roadshow Industrialisasi di Kabupaten Lombok Timur, dimulai dari olahan pangan hingga industri logam. Suksesnya Roadshow yang dilaksanakan pada hari Rabu (12/10/2022) lalu tidak terlepas dari peran para pelaku industri yang ada, ditambah dengan adanya komunitas-komunitas yang mrlewadahi pelaku industri, seperti Asosiasi Pelaku Industri Kecil Menengah Kabupaten Lombok Timur (APIKM), Asosiasi Pengusaha dan Pengerajin Logam (ASPEL), Wira Usaha Muda dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur dan lainnya.


Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang menjadi narasumber dalam talkshow pun menyampaikan rasa takjubnya melihat jihad ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat Lombok Timur dengan berbagai macam inovasi produk–produk yang mencerminkan tercapainya industrialisasi di NTB, khususnya Lombok Timur.

“Hari ini kita saksikan, tadi saya di ajak berkeliling oleh Bapak Bupati, hampir semuanya sudah mengalami industrialisasi di Lombok Timur ini,” Ungkapnya.

Sebelum melakukan dialog tematik dengan masyarakat dan pelaku industri yang hadir, Gubernur NTB berkeliling mengunjungi Stand Expo IKM masyarakat Lombok Timur. Salah satu stand yang dikunjungi adalah produk yang dibuat oleh putra daerah Lombok Timur yaitu produk Sabun Cuci Piring dengan merek “Ronas” yang harga jualnya jauh lebih murah dibandingkan dengan produk – produk di gerai supermarket lainnya.

Gubernur NTB pada saat Dialog dengan masyarakat mengatakan yakin 90 persen sabun cuci piring diberbagai instansi pemerintah masih menggunakan produk yang dibeli di supermarket, sehingga beliau menyarankan untuk beralih menggunakan Ronas.

“90% di dapur dapur OPD kita masih menggunakan sabun cuci piring supermarket. Mulai sekarang gunakan produk UMKM kita, kualitas baik, harga juga terjangkau sangat ekonomis,” tutur Gubernur NTB.

Muhammad Zulham Mardiansyah, selaku owner dari Ronas merasa bangga dikunjungi dan produknya dipromosikan langsung oleh orang nomor 1 di NTB. Zulham sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa kegiatan expo industrialisasi ini sangat dirasakan manfaatnya bagi IKM.

“Hampir semua stand dikunjungi dan dipromosikan oleh pemerintah NTB, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya. Kami juga dapat masukan dari Direktur Bank NTB Syariah untuk produk yang lebih baik.”

Pemuda yang lahir di Desa Borok toyang Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur ini juga membuat produk lain, diantaranya detergen, softener, parfum laundry dan sabun pencuci motor. Dengan inovasinya ini juga menghantarkannya menjadi salah satu peserta perwakilan NTB dalam Pemuda Pelopor bidang Teknologi Inovasi di Jakarta.

Saat menutup dialognya, Bang Zul menghimbau kepada seluruh stakeholder untuk sama – sama mempromosikan dan membeli berbagai produk – produk UMKM, sehingga mampu dikenal di seluruh penjuru dunia. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar