Wali Kota Bima HML, Keluarkan Surat Edaran Tentang Joki Cilik.


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Beredar Informasi aturan Pemerintah tentang larangan bagi pecinta Kuda Pacu dan Panitia Penyelenggara untuk tidak menggunakan Joki Cilik. Jum'at, (22/07/22).

Sehubungan dengan itu, dikeluarkannya surat edaran walikota Bima Nomor 286 tahun 2022, tentang Joki Cilik 

Pada penyelenggaraan pacuan kuda di kota Bima, diminta perhatian Masyarakat semuanya untuk ikut mendukung dan berperan aktif dalam mencegah kekerasan terhadap anak, dengan memperhatikan hal hal sesuai isi surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

Adapun beberapa poin penting yang harus di perhatikan oleh penyelenggara Pacuan Kuda yakni :

1. Menyediakan regulasi dan aturan yang          yang jelas terkait dengan                                  Penyelenggaraan Pacuan Kuda Kota Bima

2. Menyediakan pelindung diri                              (Body Protector, Helm berstandar), lenkap      dengan standar Joki

3. Pengelompokan usia dengan spesifikasid        dan umur Joki sesuai dengan kelas                    Kuda lokal 10-14, tahun dan sandalwood        G 1, G. 2 dan G. 3 umur 15-19 tahun.

4. Terpenuhinya hak anak mendapatkan            Pendidikan dan jaminan BPJS Kesehatan

5. Pentingnya Sekolah Joki (Sertifikat Joki            dan Kuda), sebagai syarat lomba

6. Pelanggaran latihan Joki diluar jam                  Sekolah

7. Supervisi penyediaan Posko Kesehatan            Tenaga Medis dan Keamanan, saat latihan      dan lomba

Maka dalam hal latihan ataupun lomba, panitia harus memperhatikan poin-poin yang sudah diedarkan oleh pemerintah, dan tentunya pemerintah mengajak semua pihak untuk bekerja sama demi pemenuhan hak anak, dan perlindungan khusus terhadap anak dari kekerasan, eksploitasi, dan sifat deskriminatif. (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments