Walikota Bima Tinjau Kesiapan Layanan PSC Bersebelahan dengan Kantor Camat Rasanae Barat


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. -  Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE meninjau kesiapan layanan Public Safety Center (PSC) yang berada bersebelarah dengan Kantor Camat Rasanae Barat tepatnya di Kelurahan Paruga Kota Bima pada Selasa 18 Januari 2022. Melalui Dinas Kesehatan Kota Bima, PSC tersebut siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Hadirnya PSC sebagai Pusat Keamanan Publik tersebut adalah untuk memberikan pelayanan kegawatdaruratan medis bagi masyarakat Kota Bima secara gratis seperti pada kasus korban kecelakaan di jalan raya, akibat bencana alam, kejadian kecelakaan di rumah tangga, dan lainnya yg berkaitan dengan kebutuhan pelayanan medis, menjemput dan mengantar pasien ke Rumah Sakit menggunakan mobil ambulans  PSC 119 tersebut, serta dapat mengetahui ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit Umum Daerah.

Adapun dalam pelayanannya tersedia Tim Operasional PSC 119 yang mengemban tugas dalam penyusunan rencana kegiatan operasional, penyelenggaraan dan pengelolaan pelayanan, pelaksanaan koordinasi dan konsultasi, pelaksanaan monitoring evaluasi pelayanan. Selanjutnya juga tersedia Tim Medis yang bertugas  untuk melakukan triase dan menentukan tindak lanjut tindakan, memberikan pertolongan gawat darurat dan stabilisasi bagi korban, serta mengevakuasi korban ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kegawatdaruratannya.

Selain itu PSC juga memiliki tenaga Driver yang bertugas untuk memastikan ambulans PSC dalam kondisi baik dan terawat sehingga siap digunakan setiap waktu selama 24 jam serta menjemput  dan mengantar bersama tim secara cepat dan tepat. Lalu terakhir adalah tenaga administrasi  yang bertugas untuk memastikan semua pencatatan dan pelaporan administratif tertib dan rutin selama 24 jam.

Dalam kesempatannya, Wali Kota Bima menaruh harapan yang besar akan kebermanfaatan dan keberlangsungan dari Layanan Public Safety Center 119 (PSC) tersebut. Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, tentunya kesehatan dan keselamatan menjadi perhatian utama pemerintah Kota Bima.

"Sudah barang pasti, pemerintah menghadirkan Pusat Pelayanan ini di tengah masyarakat tentu agar masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam pelayanan kesehatan, terlebih pada saat saat yang genting dan butuh penanganan yang cepat dan tepat," harapnya.(***)
Load disqus comments

0 komentar