57 Desa di Kabupaten Bima Ikut Pilkades Serentak Tahun 2022

Keterangan Foto: Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajuddin, SH.,M.Si

Bima-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Sebanyak 57 desa yang ada di Kabupaten Bima akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022. 

Adapun desa yang akan mengikuti Pilkades serentak tersebar di Kecamatan Lambitu dan Sanggar masing-masing 1 desa, Tambora 2 desa, Madapangga dan Bolo masing-masing 3 desa. Kemudia di Kecamatan Donggo 5, Soromandi 4, Woha 3, Belo 3, Palibelo 3, Ambalawi 3 Wera 3 desa. 

"Kecamatan Sape lima desa, Lambu 4 desa, Wawo 3 desa, Langgudu 6, Parado 2 dan Kecamatan Monta 4 desa," ujar Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajuddin SH MSi, Ahad (23/1/2022).

Kata Tajuddin, terkait hajatan tersebut pihaknya mengaku belum dapat memastikan kapan pelaksanaannya. 

"Besok akan dilakukan launching Pilkades serentak di Kantor Bupati Bima. Insya allah waktu pelaksanaan akan disampaikan pada momentum tersebut," terangnya.

Tahapan selanjutnya, sebut Tajuddin, akan mengeluarkan rekomendasi untuk BPD di  masing-masing desa yang ikut Pilkades serentak.

"Pemilihan panitia pelaksana Pilkades serentak dilakukan sekitar Februari nanti," ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, panitia akan mempersiapkan semua kebutuhan sebelum Pilkades. Termasuk menyeleksi semua berkas persyaratan para calon.

"Calon masing-masing desa maksimal 5 orang saja. Tidak boleh lebih," tegasnya.

Untuk persyaratan calon kades jelasnya, terutama mesti berkelakuan baik. Kemudian harus berpendidikan minimal SMP, berpengalaman kerja dan lain-lain. 

"Ini syarat utama yang harus dipenuhi para calon Kades berdasarkan yang tertuang dalam Perbub. Jika tidak, maka dianggap gugur," terangnya. (MDG.RED).

Load disqus comments

0 comments