Ketua PKK Dompu : Rakor Dengan OPD Gerakan PKK Dengan 10 Program Pokoknya


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id.- Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya sebagaimana dikuatkan dengan Peraturan Presiden Nomor: 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga mengamanatkan penyelenggaraan program dan kegiatan PKK dilaksanakan secara terkoordinasi dan berjenjang sesuai dengan kewenangannya.

Uraian diatas disampaikan Bupati Dompu, Kader Jaelani, saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) PKK Kabupaten Dompu dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Selasa (09/11/21) pukul 08.30 Wita - Selesai di Gedung PKK Kabupaten Dompu.

Selanjutnya Bupati AKJ menjelaskan sinergitas program PKK dengan mengimplementasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor: 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor: 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK, mendapat legalitas untuk didukung dalam setiap jenjang pemerintahan, baik berupa penganggaran, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi program.

Menurut Bupati AKJ, Gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga yang punya  peran penting dalam pembangunan terutama dalam pemberdayaan keluarga menuju terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia sehat dan sejahtera. 

Kata Bupati AKJ, untuk keberhasilan program dan kegiatannya, diharapkan PKK dapat berbuat yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten Dompu. Ditambahkannya, dengan meningkatkan kinerja, kerja cepat, kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja tuntas, hal-hal terbaik untuk kemajuan daerah tersebut dapat tercapai. Tim Penggerak PKK dengan 10 (Sepuluh) program pokoknya memiliki peran penting dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan Kabupaten Dompu yang mashur (mandiri sejahtera, unggul dan religius), terangnya.

Berikutnya lagi Bupati Kader Jaelani juga menyampaikan bahwa rapat koordinasi yang berlangsung menjadi penting dan strategis maknanya dalam memantapkan upaya dan langkah-langkah Tim Penggerak PKK untuk meningkatkan dukungan kebijakan dan program. Melalui rakor ini juga, Bupati AKJ kembali menyampaikan OPD terkait diharapkan ikut terlibat dalam memberikan saran dan masukkan bahkan dukungan sehingga sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan PKK dapat dilaksanakan dengan baik dan terarah. 

"Dalam pelaksanaan program dan kegiatannya, TP-PKK tetap membutuhkan dukungan dari semua pihak", ungkap Bupati AKJ. Lebih lanjut disampaikannya, melalui koordinasi yang baik dengan semua pihak terutama dengan OPD terkait diharapkan akan munculnya rumusan program dan kegiatan yang inovatif dalam mencapai tujuan gerakan PKK.

Dalam momen ini selain mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan rakor yang berjalan, kepada seluruh hadirin, Bupati AKJ juga mengenalkan Program Dompu Berjasa,  Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat.

Jum’at bersih yaitu gerakan  membersihkan lingkungan secara massive  di setiap Desa dan Kelurahan, sabtu Hijau yaitu gerakan menanam pohon di setiap lingkungan terutama gerakan menanam di sumber-sumber mata air dan penataan pekarangan, minggu sehat mengajak serta masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan  sehat dengan rajin berolahraga dan gerakan sanitasi berbasis masyarakat dengan mendorong masyarakat memiliki jamban, paparnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati AKJ menyempatkan waktu menyampaikan ajakan kepada semua yang hadir untuk ambil bagian mensukseskan program vaksin covid-19. saya mengajak kepada kita semua terutama para Kader PKK untuk ikut ambil bagian mensukseskan program vaksinasi covid-19, dengan menyiapkan diri divaksin covid-19, tandas Bupati AKJ. 

Lalu kemudian Bupati AKJ menjelaskan vaksinasi covid-19 sangat dibutuhkan untuk membangun “Herd Imunity” bagi warga masyarakat dan juga sebagai ikhtiar bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Ayo sukseskan program vaksinasi covid-19, ajaknya 

Di kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kabupaten Dompu, Lilis Suryani Kader Jaelani, selain menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah atas berbagai dukungan, kerjasama dan kebersamaannya dalam berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan. Kemudian wanita cantik yang akrab disapa Umi Lilis menyebut dalam peran TP-PKK menjadi mitra kerja pemerintah daerah.

Menurut Umi Lilis, rakor yang dilaksanakan menjadi agenda untuk saling sharing informasi dan kegiatan dan juga sebagai media untuk menyatukan persepsi diantara keduanya. Lanjut Umi Lilis, rakor dimaksud menjadi acuan dalam pelaksanaan program dan kegiatan PKK di tahun 2022. 

Pelaksanaan pembukaan rakor TP-PKK Kabupaten Dompu berlangsung aman, tertib dan lancar ikut dihadiri Wakil Bupati Dompu, Anggota Forkompimda, Pejabat Eselon II dan III Lingkup Pemda Dompu unsur pengurus dan anggota PKK Kabupaten Dompu dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. Sumber : Prokopim Dompu Ntb

Load disqus comments

0 komentar