Perwakilan Lintas Agama Dan FKUB Kota Bandar Lampung Sepakati Tandatangani Kesepakatan Pemilu Damai 2024





Bandar Lampung. Media Dinamika Global.Id.- Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) Kota Bandar Lampung Mengadakan Kegiatan Acara Impun Mufakat ( Silahturahmi Indah) Tokoh Lintas Agama Kota Bandar Lampung dengan Tema " Mengawal dan Mewujudkan Pesta Demokrasi Pemilu Damai dan Mengembirakan Tahun 2024 " Berlokasi Di Aula Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung, Selasa (06/02/2024 ). 

Dalam Kegiatan Ini Di Hasilkan Beberapa Poin Kesepakatan Bersama Oleh Perwakilan Lembaga Umat Beragama Kota Bandar Lampung Tentang Pemilu Damai Tahun 2024, diantaranya adalah Sebagai Berikut;

1. Bertekad untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama, berbangsa. bermasyarakat, dan bernegara di Kota Bandar Lampung berdasarkan Pancasila, UUD Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dalam wadah Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

2. Berkomitmen menjaga suasana dan kondisi yang aman, jujur, adil, tertib, damai, sejuk, dan kondusif dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024, sekaligus mengajak semua komponen masyarakat yang memiliki hak pilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab.

3. Mengajak semua pemangku kepentingan; KPU, Bawaslu, Tim Sukses, Calon Legeslatif, Partai politik, elit politik dan pihak terkait di Kota Bandar lampung untuk bersikap sportif dan taat azas dalam berkampanye dengan tidak menjadikan konten SARA sebagai kampanye yang negative.

4. Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjadikan Pemilu sebagai pesta demokrasi yang damai dan menggembirakan, dengan saling menghargai perbedaan pilihan dan terus mengukuhkan persaudaraan, persatuan, dan kesatuan.

5. Berkomitmen untuk terus membangun dialog antar pemuka agama dan umat beragama dengan mengedepankan Prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya suasana rukun dan damai antar umat seagama, antar umat beragama, dan antar umat beragama dengan Pemerintah.

6. Mengajak kepada seluruh komponen Masyarakat untuk menghargai dan menerima hasil Pemilu yang jujur dan adil.



Saat di Wawancarai Ketua FKUB Kota Bandar Lampung, Bapak Purna Irawan, S.Ag menyampaikan, FKUB merupakan Satu Organisasi Yang membantu Pemerintah Untuk Ikut Serta Mengawal dan Merawat Kerukunan Terutama di Kota Bandar Lampung, Jelas nya. 

Hal itu Sebagaimana Arahan Ibu Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana agar FKUB selalu Eksis turut Serta membantu Tugas tugas Walikota salah satunya Menciptakan suasana yg Rukun dan Damai, Maka dari Itu Dalam Kegiatan Ini Perwakilan Lembaga Umat Beragama Yang Hadir Sepakat Membuat Pernyataan Sikap  Bersama Tokoh Agama   Lahir dari sebuah keinginan dari FKUB bahwa Pemilu itu adalah Pesta Demokrasi Yang merupakan Amanah UU  karena bangsa ini adalah Milik seluruh rakyat,  karenanya negara memberikan kesempatan kepada masyarakat Untuk berpartisipasi menentukan masa depan bangsa dengan cara memilih calon Pemimpinnya atau perwakilannya di Legeslatif. ketua FKUB Menambahkan. 



Sikap Memilih itu adalah Hak Rakyat maka dipastikan  pilihannya pasti berbeda, karenanya kita berharap  Perbedaan itu tidak Menjadi sebuah pertentangan yg buruk namun justru akan menjadi kekuatan dan keindahan seperti Pelangi, demi mewujudkan keindahan itu maka perlu peran serta Tokoh Agama untuk saling mengingatkan kepada semua Pemangku Kepentingan agar pemilu berlansung jujur, adil,damai dan menggembirakan, jangan sampai justru Pemilu akan menjadi penyebab Pecahnya Persatuan dan Kesatuan bangsa, Tutupnya. 

Hadir dalam Acara Ini Kapolresta Bandar Lampung, Dandim, Kaban Kesbang, Kepala Kemenag, FKUB, MUI, PC NU, PDM, GMI, DMI, LDII, FKTM, Muslimat NU, AISIYAH,  PGI, Keuskupan, MBI, PHDI.(Fs/Red )

Load disqus comments

0 comments