DNB Berbagi Di Hari Raya Galungan


Klungkung,Bali Indonesia,- Media Dinamika Global,Id,- Hari Raya Galungan adalah salah satu peringatan keagamaan bagi umat Hindu di seluruh Indonesia. Hari raya Galungan dan Kuningan sebagai hari memperingati hadirnya alam  semesta dan seluruh isinya, juga untuk merayakan kemenangan dharma (kebenaran) melawan adharma (kejahatan). Galungan sendiri memiliki arti bertarung dalam bahasa Jawa Kuno.

Sebagai wujud ungkapan syukur, maka umat Hindu akan merayakan Hari Raya Galungan ini dengan melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara (dengan segala manifestasinya). 

Saat peringatan hari raya galungan, maka umat Hindu akan memasang Penjor (semacam ornament / hiasan bambu dan sesuai tradisi masyarakat bali) di tepi jalan depan setiap rumahnya.

Ungkapan syukur juga dilaksanakan oleh Bapak Dewa Nyoman Budiasa, yang merupakan Calon Legislatif DPR RI. Dengan berbagi terhadap warga masyarakat di Kabupaten Klungkung – Bali dengan memberikan 1 ekor Babi. Kemudian diberikan kepada warga masyarakat yang tidak mampu agar dapat melaksanakan rangkaian hari penampahan galungan yang disebut mebat.


Bapak Dewa Nyoman Budiasa atau lebih dikenal dengan sebutan DNB, memberikan pesan agar warga masyarakat, agar ikut berperan serta menjaga kebaikan dalam segala hal dan bersyukur atas segala keadaan, dan mohon doa restu semoga DNB dapat terus berbagi untuk kesejahteraan masyarakat Bali.

Penyerahan dilaksanakan di Banjar Sengguan Klungkung, pada hari selasa tanggal 1 agustus 2023, yang diterima oleh Ajung Prity sebagai perwakilan warga dan menjabat sebagai Koordinator Relawan Dewa Nyoman Budiasa (DNB).

Ajung Prity menyampaikan kepada awak media bahwa, “ ini merupakan wujud kemenangan terhadap sebuah kebaikan, dan terima kasih kami ucapkan sebagai wakil warga masyarakat atas perhatian Bapak Dewa Nyoman Budiasa”.

Dalam perayaannya, Hari Raya Galungan selalu diiringi dengan Hari Raya Kuningan. Jika Galungan adalah hari untuk merayakan kemenangan, maka Kuningan adalah perayaan khusus untuk memohon keselamatan, perlindungan dan tuntunan lahir batin kepada Dewa Bhatara dan para Pitara. (Ajik Agung)

Load disqus comments

0 comments