Persiapan Latihan Paskibraka SMK Al-ikhlas Mbojo Doridungga


Donggo NTB, Media Dinamika Global.id.~ Dua tahun tak menampilkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) secara penuh, puluhan calon Paskibraka 2023. mendapat latihan yang difokuskan pada kekuatan fisik, agar lebih memiliki kesiapan sebelum bertugas pada (17/8/2023) mendatang.

Koordinator Pelatih Paskibraka, sekaligus Kepala Tata Usaha dan Urusan Dalam Kodim 1608-05/Donggo mengatakan, latihan fisik perlu dimaksimalkan karena selama beberapa tahun ini belum tersentuh dengan sistem latihan yang maksimal.

“Persiapannya kami berikan pelatihan ekstra selain menanamkan rasa tanggung jawab,” terangnya, usai membimbing calon Paskibraka, di lingkungan sekolah SMKS Al-ikhlas Mbojo DorIdungga Donggo (Pj) Bupati Kabupaten Bima.

Ia memastikan, selama mengikuti latihan, tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja memang ada beberapa anak yang perlu menyesuaikan kondisi tubuhnya saat berlatih.

“Ya cuaca di bulan Agustus mendatang  sudah memasuki kemarau, jadi perlu penyesuaian terhadap suhu udara,” jelasnya.

Secara keseluruhan mental dan kedisiplinan anak SMKs sudah terbentuk. Meski tidak ada jadwal latihan, saat berada di rumah sudah melakukan pembinaan fisik masing-masing.

Para calon Paskibraka akan dilatih baik fisik maupun mental selama 12 hari. Rencananya peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia akan digelar di Alun-alun Kabupaten Bima.

Dengan menampilkan puluhan anggota Paskibraka untuk melaksanakan tugas pengibaran Sang Saka Merah Putih, yang terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45.

“Banyak aktivitas masyarakat yang sudah diizinkan digelar di ruang publik. Apalagi ini kaitannya dengan Peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia, tentunya bisa digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Ia mengharapkan, seluruh calon Paskibraka memiliki rasa tanggung jawab yang baik dan selalu menjaga kesehatan dan kekompakan.

“Ikuti selalu arahan pelatih, pasti bisa menjalankan tugas dengan baik,” imbaunya.

Salah satu calon Paskibraka seluruh siswa, sudah mempersiapkan agar masuk sebagai anggota Paskibraka dengan mengikuti ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan ketika di SMKs/Ponpes Al-ikhlas Doridungga Donggo, juga bergabung sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

“Sangat menyenangkan karena banyak teman baru saat menjalani latihan tiap pagi. Mental dan fisik harus disiapkan supaya bisa tampil maksimal saat pengibaran Sang Saka Merah Putih,” ungkapnya.

Latihan fisik yang diberikan sangat beragam. Tiap pagi kami awali aktivitas dengan lari, push-up, sit-up, jalan jongkok dan Peraturan Baris Berbaris (PBB).


Analis Kebijakan Muda, Disparpora Batang, Kraton Putra Pamungkas menambahkan, proses seleksi sudah dimulai sejak bulan Maret.

“Ada puluhan pelajar dan terseleksi  mengikuti pelatihan sebagai calon Paskibraka tingkat Kabupaten Bima. dan puluhan anak mengikuti pelatihan sebagai calon Paskibraka sekolah SMK Al-ikhlas Mbojo,” 

Sebelumnya seluruh calon Paskibraka telah sebanyak tiga kali dan telah ditambah.(SekjendMDG).

Load disqus comments

0 comments