Pelepasan Wisuda Siswa Siswi Kelas VI SDN 49 Rabangodu Kota Bima


Kota Bima, Media Dinamika Global.id.~  Melalui Humas SDN 49 Rabangodu Selatan, menggelar acara Khataman Al Qur’an sekaligus pelepasan Siswa Kelas VI T.P. 2022/2023 . Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan SDN 49, Sabtu (17/06). Sebanyak 63 siswa kelas VI Jurusan MIA dan IIS tahun ini dilepas setelah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan ujian SDN dan SKL Keagamaan di SDN 49 Kota Bima.

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota bima, Ketua Komite 49 Kota Bima beserta pengurus lainnya, Kepala SDN 49 Kota Bima, Ka. Ur. Tata Usaha , WKM, seluruh Dewan Guru SDN 49 Kota Bima. Alumni SDN 49 serta seluruh orang tua siswa Kelas VI.

Acara ini dimulai dengan pembacaan ayat Suci Al-Quran, dilanjutkan dengan acara Khatam Quran, sebanyak 63 siswa yang terpilih perwakilan setiap kelas membaca surah-surah pendek Juz 30 secara bergiliran, mulai Ad-Duha sampai An-Nas Dalam melaksanakan pembacaan, para siswa  tidak membuka  mushaf Al Qur’an.

Jadi mereka telah menghafalkan Surah- surah pada Juz Amma tersebut. Setelah itu acara dilanjutkan dengan kegiatan Tahfidz serta pemotongan nasi tumpeng sebagai rasa syukur atas terlaksananya Acara Khatamul Qur’an.

Setelah Selesai Acara Khatam Qur’an dilanjutkan dengan Acara Pelepasan Kelas VI Tahun ajaran 2022/2023 . Kegiatan Pelepasan tersebut dimulai dari Sambutan Perwakilan Kelas VI SDN Kota Bima  yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Seluruh Guru- guru SDN 49 yang telah mendidik dan memberikan ilmu yang bermanfaat kepada mereka , dan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Panitia yang sudah berusaha maksimal untuk acara ini.

Selanjutnya dilanjutkan dengan Kata Sambutan Kepala SDN 49 Mujadin S.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur pelaksanaan Acara Khatam Quran yang berjalan dengan sukses. Dan beliau mengatakan  Acara Khatam Quran, ini bukan berarti sudah selesai untuk membaca Al-Quran tetapi untuk lebih giat lagi membaca dan mempelajari Al Qur’an lebih dalam lagi dan juga meningkatkan kecintaannya terhadap Al-Qur’an.

Kepala SDN 49 Kota Bima Mujadin S.Pd juga mengatakan bahwa sebanyak 63 siswa Kelas VI yang dilepaskan hari ini. Mereka merupakan Siswa/i yang telah menuntaskan semua kegiatan Belajar Mengajar, dan Ujian SKL Keagamaan di SDN ini.  

Dan pada kesempatan tersebut, Wasliah juga menyampaikan rasa bangganya didepan Orang Tua Siswa atas beberapa Prestasi yang telah disumbangkan Siswa untuk SDN 49

“ Alhamdulillah, hari ini kita mengadakan acara khatam Quran sebagai wujud rasa syukur kita anak-anak kita telah menyelesai kan SKL Keagamaan mengkhatamkan 30 juz Al-Quran mulai kemarin anak-anak kita semuanya sudah mengkhatamkannya dan tadi kita bersama-sama melihat anak-anak kita Perwakilan Kelas Membaca Juz 30 sebagai Pengkhatam baca Alquran mereka. 

Hari ini juga saya memberitahukan kepada seluruh orang tua, bahwa anak-anak kita Kelas VI SDN 49 Kota Bima ini sudah mampu melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti Pemimpin doa, tahtim, tahlil, Imam Shalat Jumat dan Salat Wajib serta praktik ibadah keagamaan lainnya yang bisa dimanfaatkan nantinya ketika mereka terjun di masyarakat” Katanya.

Selanjutnya Kepsek juga menyampaikan tentang pelaksanaan Assesment di SDN 49 Kota Bima, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret s/d 4 April 2023 sekaligus menanti Pengumuman SNBP yang akan diumumkan tanggal 28 Juli  mendatang.

”Bapak/Ibu anak-anak kita akan melaksana kan Assessment SDN 49 dengan mengguna- kan Aplikasi melalui HP Android masing-masing, sekaligus kita juga sedang menunggu hasil pengumuman SNBP 2023 anak-anak kita, Mohon doanya Bapak/Ibu untuk kesuksesan anak-anak kita, semoga Anak-anak kita banyak yang Lulus di SNBP 2023.” Katanya

Kakan Kemenag, dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan kagum atas terlaksana -nya acara khatam Quran di SDN 49 Kota Bima, melihat langsung penampilan khatam Quran dari perwakilan setiap kelas, tahfidz Quran, penampilan tahtim, tahlil dan pembacaan doa yang baik.

”Alhamdulillah saya yakin anak-anak SDN 49 RABANGODU Selatan Kota Bima ketika lulus dari SDN 49 dapat bermanfaat di tengah-tengah masyarakat.” Katanya

Pada kesempatan tersebut Kakan Kemenag juga mengingatkan seluruh siswa kelas VI SDN 49 Rabangodu selatan kota Bima. untuk selalu memohon restu terhadap orang tua disetiap langkahnya.

Kemudian, Kata sambutan Salah satu Perwakilan Orang Tua Siswa Kelas VI mengucapkan terimakasih kepada seluruh Guru-Guru yang sudah mendidik anak-anak mereka dengan ilmu yang bermanfaat bukan hanya untuk di Dunia tapi juga untuk bekal di Akhirat.

Kegiatan khatam dan pelepasan berlangsung dengan sukses dan khidmat dengan puncak acara sungkeman seluruh siswa Kelas VI SDN 49 Kota Bima. Kepada orang tua yang hadir secara bergiliran  meminta maaf sekaligus memohon doa restu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi . 

Acara juga diselingi dengan Hiburan penampilan Orgen Novita dan Vocal Grup SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima.


Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan makan siang bersama orang Tua Siswa sekaligus kegiatan punggahan menyambut bulan  Idul Adhar/ bulan Lebaran Haji (SekjendMDG).

Load disqus comments

0 comments