Panggil Prabowo, Jokowi Bahas Perang Ukraina Sampai Politik

Jakarta, Media Dinamika Global.Id. - Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Istana Negara, Senin (26/6/2023), guna memberikan laporan hasil kunjungannya ke Eropa. Namun dalam pertemuan yang berlangsung hanya 30 menit itu juga membahas sedikit mengenai politik.

"Kita bicara sedikit masalah geopolitik, masalah perkembangan terakhir di isu nasional, adapun beberapa hal dapat petunjuk dari pak Presiden. saya kira akan kita laksanakan petunjuk beliau," kata Prabowo saat memberikan keterangan pers.

Meski ia tidak memberikan rincian arahan presiden terhadap dirinya, Prabowo menyebut pertemuan yang hanya berlangsung sekitar 30 menit itu juga memberikan laporan terhadap Afrika yang meminta Indonesia membantu melatih negaranya, hingga perkembangan perang Ukraina dan Rusia.

"Saya kira ini akan kita tindak lanjuti jadi intinya itu. Perkembangan yang kita cermati agar tak mendadak dan rencana-rencana ke depan," kata Prabowo.

Terkait Perang Rusia - Ukraina Prabowo mengatakan Indonesia berada pada posisi menghormati ketentuan internasional. Meski sikap politik luar negeri RI jelas untuk menjalin hubungan baik dengan semua pihak.

"Kita selalu mencoba berusaha menjadi penengah jembatan kalau memungkinkan, kalau ada hasrat dari kedua belah pihak, tapi kita terus berusaha memberikan masukan yang baik," katanya.

Selain itu Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengaku bicara soal politik dengan Jokowi, meski hanya sedikit. Namun Ia enggan membeberkan secara rinci.

"Ada secara garis besar saja, bertanya rencana saya ke depan," jawabnya ketika ditanya apakah membicarakan soal politik.(SekjenMDG).

Load disqus comments

0 comments