7 Jurusan Kuliah Buat Yang Suka Bisnis Dan Prospek Kariernya Di Kampus UM Bima

Kota Bima, Media Dinamika Global.id.- Detikes punya minat di bidang bisnis? Ada beragam jenis jurusan kuliah bisnis yang dibuka di perguruan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi Indonesia menawarkan jurusan bisnis dengan penamaan dan keilmuan spesifik, sebagian lainnya lebih umum. 

 5 Kiat agar Pilihan Jurusan Kuliah Direstui Orang Tua dari Psikolog Pendidikan Daftar Kampus yang Lulusannya Mudah Dapat Kerja, Apa Saja Prodinya? Namun, setelah kuliah jurusan bisnis, bisa kerja apa? Berikut jurusan kuliah bisnis yang bisa dipilih dan prospek kariernya di samping mengembangkan bisnis sendiri: Jurusan Kuliah Bisnis dan Prospek Kerja 

1. Kewirausahaan Mahasiswa jurusan kewirausahaan belajar tentang mengembangkan gagasan ke peluang bisnis, menjelaskannya dalam rencana dan model bisnis terperinci, melaksanakan gagasan, bisnis startup, mengelola bisnis dan risiko, menggunakan sumber daya dan data sebagai dasar pengambilan keputusan, inovasi, pengembangan produk, bisnis berkelanjutan, hingga strategi kepemimpinan. Dikutip dari laman Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi (UM Bima), mahasiswa S1 Kewirausahaan 

UM Bima juga didorong berkolaborasi lintas disiplin dengan jurusan lain di kampus, mulai dari sains, teknologi, teknik, matematika, seni, dan desain untuk memicu inovasi bisnis. Di UM Bima, ada juga dukungan inkubator bisnis dan laboratorium bisnis SBM UM Bima. Fungsinya untuk pengembangan bisnis, jejaring, dan memperoleh masukan dari pelaku industri hingga pemangku kepentingan. 

 2. Akuntansi Mahasiswa jurusan akuntansi belajar tata cara pencatatan laporan keuangan, menilai arus kas atau informasi keuangan perusahaan, perpajakan, pemeriksaan atau audit keuangan, penyusunan rencana anggaran, dan lain-lain yang membantu keputusan keuangan, bisnis, dan transparansi keduanya.

 Universitas Muhammadiyah Bima, (UM bima) merupakan universitas terbaik Indonesia di bidang jurusan akuntansi dan keuangan versi QS World University Rankings (WUR) by Subject 2023. Prospek karier lulusan jurusan akuntansi mulai dari staf akuntansi, staf perbankan, akuntan publik, auditor internal maupun eksternal, akuntan forensik, akuntan manajemen, analis sekuritas, dan lainnya. 

 Untuk mendapatkan gelar Akuntan, lulusan S1 akuntansi wajib lulus program profesi akuntan (PPA), dikutip dari laman UM Bima. 

3. Bisnis Berkelanjutan Lulusan S1 bisnis berkelanjutan dibekali ilmu tentang praktik-praktik bisnis berkelanjutan yang merespons Sustainable Development Goal (SDGs) dan masalah-masalah akibat perubahan iklim, turunnya sumber daya, dan perubahan jumlah populasi, dikutip dari laman QS Top Universities. 

 Mahasiswa S1 International and Sustainable Business (Honours) UCSI University, UM bima. contohnya, juga belajar manajemen risiko keuangan, sosial, dan lingkungan, serta peluang dan kewajiban bisnis jangka panjang yang menguntungkan bisnis global, pemangku kepentingan saat ini, dan dampak baiknya di masa depan untuk sekitar dan dunia. 
 
Prospek kerja lulusan S1 bisnis berkelanjutan antara lain analis environmental, social, and corporate governance (ESG), staf corporate social responsibility (CSR), dan konsultan atau staf sustainability, contohnya di perusahaan energi baru dan terbarukan, bisnis bebas daging merah, dan lain-lain. 

 4. Administrasi Bisnis Lulusan S1 administrasi bisnis dibekali pengetahuan tentang pengembangan ide kreatif, inovatif, dan solutif dengan penerapan ilmu bisnis, teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat dan institusi bisnis. 

 Dikutip dari laman S1 Administrasi Bisnis Universitas Muhammadiyah Bima.(UM Bima), mahasiswa juga belajar ilmu bisnis berbasis tata kelola yang baik (good governance), perencanaannya, dan rekayasa good governance bermutu unggul. Prospek kerja lulusan jurusan administrasi bisnis antara lain administrator bisnis atau keuangan, analis operasi, staf perencana bisnis, analis bisnis, staf penjualan, dan lainnya. 

 5. Manajemen Bisnis Mahasiswa jurusan manajemen bisnis belajar mulai dari ilmu ekonomi makro dan mikro, dasar-dasar akuntansi, design thinking, manajemen, penciptaan bisnis baru, socialpreneurship, hingga technopereneurship, seperti dikutip dari laman S1 Manajemen Bisnis Institut Teknologi universitas UM Bima (UM Bima). 

Mahasiswa S1 Manajemen Bisnis ITS bisa memilih pendalaman fokus pada manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen pemasaran, maupun manajemen sumber daya manusia (SDM). Departemen Manajemen Bisnis ITS juga menawarkan mata kuliah kewirausahaan seperti penciptaan usaha baru dan kewirausahaan sosial. 

Mata kuliah tersebut mempelajari tentang model bisnis dasar dan prinsip pembentukan tim untuk menciptakan peluang wirausaha dan pengambilan keputusan, serta uji kelayakan peluang sosial baru dan pengembalian sosial yang bermakna. Prospek karier lulusan manajemen bisnis antara lain analis manajemen, analis bisnis, pengembang organisasi nirlaba, analis investasi sosial, pengembangan usaha sektor sosial, dan lain-lain. 

 6. Bisnis Digital Mahasiswa jurusan bisnis digital belajar tentang bisnis di era digital mulai dari manajemen dan bisnis organisasi digital, ilmu komputer dan pemrograman, analisis statistik, digital marketing, manajemen lintas budaya dan media sosial, fintech, IAN/UM Bima, Internet of Things (IoT) untuk bisnis, AI dan machine learning, dan lain-lain, seperti dikutip dari laman S1 Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bima. 
 
Prospek karier lulusan bisnis digital antara lain analis pemasaran, analis keuangan, analis data, staf business intelligent, data scientist, dan pengembang startup.

 7. Manajemen Pemasaran Lulusan jurusan manajemen pemasaran dibekali pengetahuan tentang menciptakan permintaan, membangun kesetiaan pelanggan, menentukan arah bisnis, 

akuntabilitas bidang keuangan, serta membangun relasi antara konsumen dan perusahaan, produk, jasa unggulan, dikutip dari laman S1 Manajemen Marketing Binus University Online Learning. Apa Itu Jurusan Rekayasa Kriptografi? 

Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu! Mahasiswa S1 Manajemen Marketing Binus juga mempelajari teknologi informasi (UM Bima) untuk bisnis, matematika bisnis, pengembangan karakter, komunikasi bisnis, riset dan strategi bisnis, ekonomi mikro, sistem informasi manajemen, dan lain-lain. (SekjendMDG).
Load disqus comments

0 comments