Pria di Palembang Sumpah Pocong untuk Bantah Cabuli Bocah


Sumsel - Media Dinamika Global,Id,-Jemaah dan warga sekitar Musala Al Manan, Kelurahan 1 Ilir, Ilir Timur II, Palembang, heboh dengan aksi sumpah pocong yang dilakukan seorang pria, RN (41). Aksi itu ia lakukan sebagai bentuk bantahan terhadap tuduhan pencabulan terhadap bocah.

Sumpah pocong yang disaksikan ketua RT setempat dan pengurus musala itu sontak menjadi tontonan warga, Kamis (18/5/2023). Saking ramainya warga yang melihat sampai berdesak-desakan dan memenuhi seisi tempat ibadah.

Mereka menyaksikan bagaimana RN dengan posisi badan tiduran dan dibalut kain kafan layaknya jenazah. Lalu RN mengucapkan sumpah yang ia tulis di kertas dibubuhi tanda tangan di atas materai.

Selama 15 menit RN melakukan sumpahnya. Setelah waktu berakhir, ia melepas kain kafan dan bergegas pulang ke rumahnya yang tidak jauh dari musala.

RN mengaku nekat melakukan sumpah pocong sebagai bentuk bantahannya terhadap tuduhan pencabulan terhadap bocah perempuan yang tak lain adalah tetangganya. Dia siap menanggung apa pun ketika pengakuannya ternyata berbeda dengan kenyataan.

"Saya sama sekali tidak melakukan tuduhan itu, makanya saya tidak takut sumpah pocong," ungkap RN.

Ternyata, aksi sumpah pocong itu untuk kali kedua ia lakukan di tempat yang sama, tepatnya pada Oktober 2022. Pemicunya juga dalam kasus yang sama.

"Keluarga yang menuduh tidak puas, makanya saya ulangi lagi hari ini," kata dia.

Sementara itu, kuasa hukum RN, Jhon Fredi Joniansa menjelaskan, sumpah pocong dilatarbelakangi laporan warga ke Polda Sumsel pada 16 Juni 2022 terhadap kliennya atas dugaan pencabulan. Dari penyelidikan, kliennya telah ditetapkan tersangka oleh polisi.

"Walaupun klien saya sudah menyangkal, tapi statusnya naik jadi tersangka," ujarnya.

Sebagai bentuk bantahan, kliennya telah berusaha meyakinkan pelapor bahwa ia tidak melakukan tuduhan itu dengan sumpah pocong pada Oktober 2022. Kliennya kembali mengulangi sumpah mubahala dengan atribut jenazah dengan tujuan membersihkan nama baiknya atas tuduhan itu.

"Klien saya sudah berserah diri kepada tuhan atas sumpah pocong yang ia lakukan, apapun risikonya siap ia tanggung," pungkasnya.(MDG 05).

Load disqus comments

0 comments