Akibat Hujan Deras, Warga Kota Bima Dilanda Banjir Bandang


Kota Bima, Media Dinamika Global-Id.- warga kota Bima dilandai banjir bandan  hingga masuk dalam rumah warga dan hampir semua merendam sejumlah wilayah kelurahan di Kota Bima, Bencana alam itu terjadi akibat hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah ini sejak siang hingga malam ini.

Belum diketahui pasti berapa rumah warga terdampak, namun menurut pantauan wartawan Media Dinamika Global.Id, ketinggian air mencapai 10 hingga 50 sentimeter.

"Banjir mulai meluap tadi sore dan sampai malam ini merendam permukiman warga," kata Alfian, salah satu warga di Kelurahan Penato'i yang dikonfirmasi, Selasa (04/04/2023).

Menurut dia, luapan air hingga permukiman warga ini terjadi karena intensitas hujan deras yang cukup lebat dan lama. Hingga malam ini air belum juga surut dan hujan masih terus mengguyur Kelurahan Penato'i dan sekitarnya.

"Sampai sekarang masih hujan, makanya warga ini siaga, khawatir datang banjir besar. Barang dan perabotan sejauh ini masih aman, walaupun ada beberapa yang terendam air," ujarnya. 

Sementara, Diken warga setempat mengatakan, Luapan air ke area permukiman juga dialami warga di Kelurahan pane, Kecamatan Mpunda, Kota Bima. Hingga malam ini air terus membesar dan warga tengah siaga.

"Parah disini karena ada beberapa aliran sungai yang melintas di daerah ini," kata Bang Diken warga setempat saat dihubungi, Selasa malam ini.

Sambungnya, Sejumlah wilayah dengan risiko banjir tersebut antara lain di Kelurahan Penana'E, rabadompu, rontu, lewirato, Paruga, kamp sigi/barat,  Dara, Sarae, Nae, Manggonao, kamp Sumbawa, tanjung, dan beberapa kelurahan yang berada di Kecamatan Rasanae Barat, Mpunda dan Rasanae Timur, Kota Bima.

Selain itu, bencana alam ini berisiko menggenangi ruas sejumlah jalan raya di Kota Bima. "Potensi terjadi banjir lokal di jalan dataran rendah dan jembatan di Penana'E dan Penaraga. Pungkasnya (Wawan S MDG/006).

Load disqus comments

0 comments