Jaringan Power di Lido, Kadis Kominfotik NTB: Fiber Optik sebagai Solusi


Mataram, Media Dinamika Global.Id._ Terkait dengan jaringan tower di desa Lido, kecamatan Belo, kabupaten Bima tidak maksimal. Dinas Kominfotik NTB akan segera hadirkan solusi melalui Fiber Optik hingga jaringan akan maksimal dan normal kembali.

Kadis Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy mengatakan, di desa Lido ada dua tower yang mengelilingi tetapi sinyalnya itu terhalang oleh bukit sehingga sinyal tidak bisa maksimal. Bakti dan terkomsel sinyalnya lemah.

"Jadi bukan blankspot tapi sinyalnya lemah sehingga tidak direkomendasikan pembangunan tower baru," ungkapannya saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis, 9/3/23.

Lanjutnya, untuk menguatkan kedua tower tersebut akan dilakukan  penguatan jaringan, Beberapa waktu lalu saya sudah berkoordinasi dengan Kominfotik kabupaten Bima agar langganan sebesar Rp.600.000 per bulan untuk memenuhi, kebutuhan masyarakat, kantor Desa, Puskesmas, sekolah-sekolah yang ada di desa Lido.

"Kali kan saja, selama satu tahun hanya Rp.7.200.000 jaringan akan maksimal dan normal," jelasnya.

Sambungnya, Tinggal komunikasi dengan Pemerintah kabupaten Bima (Bupati Bima) serta bantuan untuk indihome dan pasca itu sudah dihitung-hitung di lokasi-lokasi tertentu, lalu Telkom akan membagi untuk masyarakat secara gratis dibuka wi-fi.

"Sekarang sudah masuk fiber optik,  masyarakat tidak perlu bayar tetapi cukup dengan berlangganan Rp.600.000," tuturnya.

Kemudian dana sosialnya untuk membuka jaringan, kalau kita menunggu tower dibangun tentu investasinya besar, satu tower itu bisa sampai miliaran, sekarang ini saya sampaikan ke Kadis Kominfo Kabupaten Bima, bukan hanya Lido saja, di Dompu, Sumbawa barat juga begitu, dan lain-lain.

"Bahkan saya sudah memberikan solusi, begini caranya, coba duduk bersama-sama dengan Kepala Desa untuk membicarakan langganan indihome, hanya Rp.600.000 agar masyarakat terpenuhi kebutuhannya," pungkasnya. (Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments