Evakuasi 2 TNI-Polri yang Gugur Saat Amankan Tarawih Diwarnai Tembakan KKB


Jakarta - Media Dinamika Global.Id. - Satu prajurit TNI dan satu anggota Polri gugur terkena tembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat mengamankan salat Tarawih di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Evakuasi kedua jenazah itu juga sempat diwarnai penembakan oleh KKB.

KKB sempat menembaki rombongan di sekitar lapangan terbang Ilu," kata Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara dilansi, Minggu (26/3/2023).

Kuswara mengungkap evakuasi dilakukan melalui jalur darat dari Ilu ke Mulia yang ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Setiba di Mulia, kedua jenazah, yakni Bripda Mesar Indey anggota Polsek Ilu dan Serda Risawar, anggota Koramil Ilu, langsung diformalin.

Bripda Mesar terkena tembakan di bagian perut, sedangkan Serda Risawar, anggota Koramil Ilu, terkena luka tembak di tulang belakang dan dagu bagian bawah.

Hari ini, Minggu (26/3) kedua jenazah akan dievakuasi ke Jayapura," ujar AKBP Kuswara.

Kuswara menuturkan jenazah Bripda Mesar Indey akan dimakamkan di kampung halamannya di Merauke pada Senin (27/3) besok. Sedangkan jenazah Serda Risawar akan diterbangkan ke Sorong.

Selain kedua korban meninggal, insiden penembakan oleh KKB itu menyebabkan Brigjen M. Arif Hidayat terluka akibat terkena rekoset. Kondisi korban Brigjen M. Arif Hidayat baik dan saat ini masih berada di Polsek Ilu.

KKB menyerang anggota TNI-Polri yang tengah bertugas mengamankan salat Tarawih di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Satu prajurit TNI dan 1 anggota Polri gugur akibat terkena tembakan.

Benar kejadian itu. Satu anggota TNI dan 1 anggota Polri gugur akibat ditembak KKB," ujar Danrem 173/Praja Vira Braja Brigjen Sri Widodo dilansir detikSulsel, Minggu (26/3/2023).

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Trans Papua, Kampung Wirak, Distrik Ilu, Puncak Jaya, Sabtu (25/3) sekitar pukul 20.00 WIT. Disebutkan saat itu 16 anggota dari TNI-Polri mengamankan salat Tarawih di depan Masjid Amaliyah Ilu.

Sri mengungkapkan 1 anggota Koramil 02/Ilu bernama Serda Riswar mendapat 2 luka tembak di bagian dagu dan bagian punggung yang mengakibatkan anggota tersebut gugur. Sedangkan 1 anggota Polsek Ilu bernama Bripda Mesak juga gugur akibat satu luka tembak di bagian punggung.

( Morex Bima 05 ).

Load disqus comments

0 comments