Mahasiswa KKN Tematik Bersama Dinas Koperasi Melakukan Sosialisasi Ijin NIB UMKM


Lombok Barat, Media Dinamika Global.Id.__ 
Perkembangan dan pertumbuhan usaha di Indonesia sangat pesat dengan banyaknya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah menjadi pilar terpenting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah memberikan ruang bagi para usaha untuk mengembangkan usahanya. Pemerintah membuat inovasi-inovasi untuk memudahkan UMKM salah satu hal yang menjadi fokus pemerintah Indonesia adalah mereformasi sistem perizinan berusaha untuk UMKM.

Dalam membuat usaha bukan hanya soal pemodalan yang di perhatikan, tetapi juga harus ada legalitas mengenai izin berusaha atau sekarang yang lebih dikenal Nomor Induk Berusaha (NIB).

Melalui Sosialisasi bersama Dinas Koperasi Lombok Barat dan UKM mengenai Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk UMKM di Aula Kantor Desa Kuripan Timur, Selasa, 24 Januari 2023.

Dinas koperasi diwakili sektretaris Dinas koperasi dan UKM menyatakan, bukan hanya dalam segi produk usaha, branding usaha yang hanya diperhatikan tetapi juga harus di liat legalitas apakah tiap pemilik usaha sudah ada izin berusaha atau belum.

"Hal itu mendorong kami mahasiswa KKN Tematik untuk melakukan pendataan NIB kepada para pelaku usaha yang ada di desa Kuripan Timur," ungkapannya.

Kegiatan pendataan dilakukan pada tanggal 26-27 Januari 2023.

Sementara, Ketua Kelompok KKN tematik Muhammad Indra Jayawan menyampaikan, bahwa kegiatan pendataan NIB supaya nantinya masyarakat desa Kuripan Timur tetap memiliki usaha yang sah terdaftar di pemerintahan.

"NIB adalah identitas pelaku usaha sesuai dengan bidang usaha yang diatur dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2020," ujarnya.

Jenis aktivitas ekonomi yang menghasilkan output atau produk, baik itu dalam wujud barang maupun jasa.  memberikan manfaat bagi pelaku usaha yaitu sebagai identitas usaha, berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan Akses Kepabeanan bagi perusahaan melakukan kegiatan ekspor impor. Dengan mengurus NIB, usaha menjadi terjamin legalitasnya. Selain itu  pengurusan NIB juga menambah peluang usaha, di antaranya fasilitas pembiayaan  dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, juga kesempatan mengikuti  pengadaan barang/jasa pemerintah.

Peserta, Haji Murdi mengatakan, sangat terbantu dengan adanya sosialisasi ini karena menjadi tahu tentang pentingnya mengurus NIB dipandu oleh narasumber yang mengajarkannya dengan cara mudah dan efektif. “Dengan adanya NIB ini saya sebagai pemilik usaha bisa mendapatkan tanda kepemilikan usaha dan bisa mempermudah menjalankan usahanya,” kata haji Murdi pengusaha telur asin.

Sementara, Kepala Desa Kuripan Timur Anwar Efend menuturkan,  bahwa pendataan nomor induk berusaha yang di lakukan oleh mahasiswa KKN tematik merupakan langkah awal yang bagus sehingga semua masyarakat yang memiliki usaha di desa Kuripan Timur mempunyai surat izin usaha atau  nomor induk berusaha (NIB).

"Semoga menjadi Desa Kuripan Timur ini lebih maju dari segi wirausaha oleh masyarakat. (MDG.01).

Load disqus comments

0 comments