Kasdam XII/Tpr Hadiri Rakor Lintas Sektoral PAM Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023


Pontianak, Media Dinamika Global. Id. Senin (16/1/23) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., diwakili Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023 di wilayah Kalimantan Barat. Rapat berlangsung di Ruang Graha Khatulistiwa, Mapolda Kalimantan Barat.

Rapat juga dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan. Rapat menjelang pelaksanaan Operasi Liong Kapuas 2023 ini dipimpin oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmara. Dengan melibatkan Forkopimda, Instansi terkait, BUMN, Panitia, tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmara mengatakan, rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi juga sebagai wadah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan semuanya untuk membantu kegiatan masyarakat dalam merayakan Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023. 

Selanjutnya Kapolda Kalbar mengatakan, dalam rangka mengamankan perayaan Imlek dan Cap Gomeh, Polda Kalbar akan menggelar operasi Liong Kapuas 2023 yang akan dilaksanakan selama 17 hari. 

"Terhitung mulai dari tanggal 21 Januari sampai dengan 6 Februari. Yang Diawali dengan apel kesiapan atau gelar pasukan pada 20 Januari. Dengan daerah sasaran prioritas yaitu Singkawang dan Pontianak," kata Kapolda.

Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari mengatakan, untuk mengamankan Imlek dan Cap Go Meh diperlukan kerja sama lintas sektoral. Untuk TNI-Polri tanpa dimintapun akan pasti melaksanakan pengamanan. Hal ini untuk memberikan rasa aman bagi mereka yang merayakan Imlek dan Cap Go Meh. 

"Ini yang perlu kita lakukan bersama, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami siap membantu Polri atau Polda Kalbar untuk mengamankan Imlek dan Cap Go Meh baik di Pontianak maupun di Kota Singkawang. Dan yang merayakan banyak - banyaklah koordinasi dengan aparat keamanan," ujarnya 

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, bahwa pengamanan Imlek dan Cap Go Meh bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI-Polri saja tetapi merupakan tanggung jawab semua masyarakat yang ada di Kalimantan Barat.

"Seluruh masyarakat Kalbar untuk dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh. Dengan kekompakan dan keseriusan kita bersama, Insyaallah perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini akan berjalan dengan lancar tertib dan aman," kata Ria Norsan. (Pendam XII/Tpr)

Load disqus comments

0 komentar