Kades Bajo Terima Sertijab di Pimpin Oleh Camat Soromandi


Bajo. Media Dinamika Global. Id. - Ketiga Kepala Desa yang kemarin telah di Lantik oleh Bupati di Kantornya antara lain Kades Bajo Bapak A. Rahim Umar, Punti Bapak Ijman Hakim,dan Kananta Bapak Aidin Abdullah telah dilakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Kades Lama ke Kades yang Baru di Pimpin Oleh Camat Soromandi. Ketiga Kades ini satu diantaranya Menjabat Dua Periode dengan Memperhabarui Jabatan lamanya ke Jabatannya baru. Sertijab ini berlangsung di Aula Kantor Camat Soromandi dimulai sejak Pukul 11.45 Wita Hingga Selesai dalam kondisi tertib,lancar,dan aman pada Kamis,04/08/2022

Kegiatan Serah Terima Jabatan ( Sertijab )dari Kepala Desa yang lama ke Kepala Desa yang baru ini dihadiri langsung oleh Para Muspika diantaranya ada Bapak Camat Soromandi dan seluruh Jajarannya, Danramil Donggo/Soromandi,Kapolsek Soromandi,Kasi Trantip dan Ketiga Kepala Desa Yang lama dan Baru meski diwakilkan kepada Orang lain.

Sebagai Perpanjangan Tangan Bupati Bima Melalui Kepala Wilayah Kecamatan Soromandi Bapak Zulkifli, SH. M.Hum dalam Sambutannya mengatakan bahwa Kepala Desa merupakan Kepalanya Wilayah di Desa yang berwenang dan bertindak berdasarkan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku. Artinya kewenangan itu memiliki landasan Yuridis Konstitusional yang harus dijunjung tinggi nilai dan hakekat serta Pemanfaatannya.

Berdasarkan ketentuan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 mengamatkan bahwa Kepala Desa berhak memberikan wewenang dalam konteks mendahulukan kepentingan Masyarakat banyak daripada Kepentingan Individu,sehingga Kepala Desa nantinya akan melahirkan Kepala Desa yang hidupnya sederhana sebagaimana disarankan pula oleh Bupati Bima kemarin. Ungkapnya

Lanjutnya,bahwa Kepala Desa merupakan Kepala Wilayah di Tingkat Dusun,RT dan RW sehingga Konsep seperti ini sangat pentinģ apabila kemudian diterapkan kepada Masyarakat secara utuh dan komprehensif. Jika ini dipahami oleh Kepala Desa maka akan melahirkan Desa yang Unggul,Desa yang Kompetitif dan Mandiri.

Desa yang memiliki visi dan misi yang jelas,masyarakatnya pasti lebih sejahtera. Dan yang terakhir Saya sampaikan sebagaimana dalam Pepatah mengatakan yang Lalu biar berlalu,lupakan saja semuanya. Mari rangkul kembali demi mewujudkan Desanya masing-masing. Dan atas Nama Pemerintah Kec.Soromandi Mengucapkan Selamat Kepada Kepala Desa Kananta,Punti,dan Bajo semoga tetap Istiqomah dalam menjalankan Tugas dan tanggung jawab Dunia dan Akhirat. Harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Bajo, Kananta,dan Punti yang baru saja disertijab pagi ini menyampaikan rasa terimakasih nya kepada Pemerintah Kabupaten Bima NTB dan kepada Pemerintah Kecamatan Soromandi melalui Bapak Camat Soromandi ini. Ini sebuah penghargaan bagi Kami Bertiga dalam menjalankan Amanah Undang-undang Dasar 1945,Pancasila, Bhineka tunggal ika, dan NKRI.

Demikian disampaikan oleh Salah seorang Kepala Desa yang di wakili oleh Kepala Desa Bajo Bapak A. Rahim Umar, pada Media ini usai Penandatanganan Surat Keputusan dan Serah Terima Jabatan yang dipimpin langsung oleh Camat Soromandi di Aula Kantornya.

Om Rahim sapaan akrapnya menuturkan sebagai seorang leader tentunya harus memahami Konseptual sehingga konteksnya nanti akan lebih tersingkronisasi dengan baik. Saya ambil contohnya adalah sebentar lagi akan menghadapi Pembahasan RPJMDes Tahun 2023-2024. Dalam pembahasan ini tentu banyak hal yang paling prinsipal satu di antaranya yaitu apakah Visi dan Misi serta Programnya kita akan dimasukan dalam Rencana tersebut ataukah tidak.

Tentu jawabannya adalah tergantung bagaimana kita membuka Komunikasi dengan seluruh unsur mulai dari tingkat RT,RW,Kepala Dusun,Perangkat atau KAUR dan Lebih Penting lagi dengan BPD yang merupakan Representasi Warga Sekitarnya.

Dari situ Mereka memiliki Kepentingan yang paling Urgen,namun sebagai seorang Leader tentunya harus bisa melihat apa,siapa,dan bagaimana Prospek tersebut dapat dijadikan skala Prioritas. Kendatipun demikian menurutnya kita harus tegas menyikapi berbagai permasalahan yang akan dihadapi nantinya kita tidak boleh menjadi Abius Off Power.

Karena itu, saya harapkan mari kita buka Komunikasi yang lebih luas dalam rangka bagaimana membangun Desa kita agar Desa kita Masing-masing memperoleh predikat yang lebih baik dan Unggul. Pungkasnya.(Ujang MDG).
Load disqus comments

0 comments