MXGP dan Trobosan Bang Zul Pacu Pertumbuhan Investasi Daerah


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.--
Belum lama event  internasonal WSBK dan MotoGP sukses dihelat di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, kini gelaran kelas dunia bakal digeber kembali yakni Motorcross GranPrix (MXGP) Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat 24-26 juni 2022 mendatang. Trobosan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc ini juga mampu memacu pertumbuhan investasi daerah.


“Trobosan Gubernur kita Bang Zul yang mampu menggerakkan (Strigger )WSBK dan MotoGP yang digelar sukses dan gaungnya mendunia diharapkan gelaran MXGP Samota –Sumbawa juga menjadikan akan menjadikan Pulau Sumbawa ini makin mendunia,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB Ir. H. Mohammad Rum, MT, di Mataram, Jumat (10/6).

Dikatakan, sebelumnya nama NTB tidak begitu dikenal, yang dikenal hanya Bali dengan kemajuan pariwisatanya. Namun seteah digelarnya berbagai event internasional di NTB mulai dari WSBK, MotoGP dan MXGP di Samota, NTB menjadikan banyak orang tahu tentang NTB. NTB sendiri tidak saja unggul dari sector pariwisata, namun juga memiki potensi alam dan keunggulan lainnnya dari berbagai sector. 

“Dengan digelarnya event-event berskala internasional di NTB selain memacu pesatnya pertumbuhan pariwisata juga akan memberikan dampak cukup signifikan pada sector lainnya. Dampak ini tentu dari sisi investasi di NTB akan semakin menggeliat. Adannya MXGP nantinya juga menjadi event keseimbangan antara Lombok dan Sumbawa yang kerap kali disebutkan Gubernur NTB,” tukas Rum yang sebelumnya pernah sebagai Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB ini.

Pejabat yang dikenal kalem ini juga menjelaskan, trobosan Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB ini merupakan satu langkah yang cukup spektakuler, luar biasa dan penuh tantangan. “Namun kita berpikir jauh ke depan dampaknya akan sangat luar biasa. Sebutlah misalnya, dulunya Bandara, Pelabuhan kita, jalan-jalan kita yang dulunya rendah, sekarang ditingkatkan untuk meyesuaikan.  Ini dampak positifnya dan ini yang patut kita syukuri,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan gelaran MXGP pihaknya dari sisi investasi lebih enak jualan potensi daerah. Se butlah bagaimana potensi Teluk Saleh dengan panorama teluknya dengan ikan hiu pausnya yang cukup menjanjikan. Selanjutnya potensi perikanan tangkap. Pulau Moyo yang eksotis dan pernah viral karena kunjungan mendiang Ratu Lady Dina ke Moyo tahun 1993. 

“Jadi dengan digelarnya MXGP nanti wisatawan local dan mancanegara akan lebih tahu banyak tentang Pulau Moyo itu sendiri yang merupakan bagian dari Samota yag mana  di tempat event MXGP internasional satu provinsi dengan Mandalika MotoGP yang sudah mendunia,” kata Rum. 

Selanjutnya Rum juga menyebut MXGP juga akan menjadikan Gunung Tambora lebih dikenal. Dimana sebelumnya dalam sejarah Letusan Gunung Tambora telah menggoncang dunia. Dan saat digelarnya MXGP Tambora kembali akan mengguncang dunia dengan kedatangan wisatawan dunia untuk menyaksikan gelaran MXGP dan bisa melihat potensi lainnya di kawasan Samota, Sumbawa. (MDG.01).
Load disqus comments

0 comments