Kendaraan Menumpuk di Lembar, Polairud Polda NTB Siapkan Personel Pemantau Perairan



LOBAR-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Pasca gelaran Pertamina Grand Prix Of Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan MotoGP Mandalika, terjadi antrian kendaraan panjang di Pelabuhan Lembar hingga ke jalan raya. 

Direktur Polairud Polda NTB Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga mengatakan, hal itu bukan karena kurangnya kapal, melainkan bertambahnya jumlah kendaraan yang hendak menyebrang ke Bali.

"penumpukan kendaraan di Lembar ini, bukan karena kita kekurangan kapal pengangkut, namun meningkatnya jumlah kendaraan yang membuat antrian panjang di Lembar ini," kata Kombes Pol Kobul, saat memantau Kondisi Pelabuhan Lembar, Senin (21/3/2022).

Hal itu membuat otoritas pelabuhan harus menguras tenaga untuk memberikan solusi terbaik bagi mereka yang setia mengantri hingga berjam-jam lamanya, tak terkecuali Polairud Polda NTB.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, bagi mereka yang hendak meninggalkan Pulau Lombok, Ditpolairud Polda NTB menempatkan sejumlah anggotanya untuk memantau dan membantu petugas di Pelabuhan Lembar. 

"urusan di Pelabuhan, menjadi tanggungjawab kami juga, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penguna pelabuhan," jelasnya.

Selain itu dia juga terus membangun komunikasi dengan pihak ASDP di Pelabuhan Lembar, guna memastikan warga pengguna jalur laut aman dan nyaman.

"kita memang batasi jumlah kendaraan yang parkir di dalam pelabuhan, agar tidak terjadi penumpukan, mungkin ini yang menyebabkan antrian panjang hingga ke jalan raya," ungkapnya.

Sebagai solusi, dia meminta ASDP untuk membuka semua dermaga yang ada di Pelabuhan Lembar.

Alhasil, pihak ASDP Menyetujui hal itu, tiga dermaga yang ada di Pelabuhan Lembar, dibuka semua.

"kita sepakat, ketiga dermaga di Pelabuhan Lembar dibuka semua," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menempatkan sejumlah personel untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di sana, seperti kecelakaan laut, atau gangguan Kamtibmas lainnya.

"untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di jakur laut, kita sudah menempatkan sejumlah personel, dan mensiagakan Kapal, jika ada hal-hal yang terjadi," ujarnya.


Sejauh ini, kondisi masih tergolong aman dan lancar, tiga dermaga di Pelabuhan Lembar berfungsi semua, dari malam hari hingga siang, kondisi masih aman dan lancar.

Terjadinya penumpukan kendaraan, Kobul menjelaskan, hal itu karena adanya peningkatan jumlah kendaraan yang hendak menyebrang ke Pulau Bali.

Tidak hanya mobil penonton MotoGP Mandalika yang mengantri, namun juga kendaraan yang dipakai antar jemput penonton yang banyak dalam antrian tersebut.

"kita maklumi bahwa, terjadi peningkatan jumlah kendaraan di Pelabuhan Lembar ini, untuk itu, kami harap warga yang hendak nyebrang untuk bersabar, dan terus tartib mengantri," pungkasnya. (MDG.01).

Load disqus comments

0 komentar