Dorong Maju Kelestarian Budaya Dompu, Kadis Disbudpar: Ini Sketsa Bangunan Situs Dorobata


Dompu,
Media Dinamika Global.Id -- Berdirinya suatu daerah, tentu jelas memiliki sejara peradaban yang panjang, hal itu di buktikan dengan adanya sisah-sisah peninggalan seperti situs serta benda pusaka yang hingga kini masih dijaga kelestariannya, baik oleh pemerintah Daerah maupun oleh Nagara itu sendiri. 

Selain dijaga, keberadaan Situs peradaban dan benda pusaka itu adalah bukti sejara yang menjadi cerminan bagi masayarakat hingga saat ini, yang sangat penting untuk dijaga baik oleh pemerintah Daerah maupun oleh Nagara itu sendiri. 

Bukan hanya itu, keberadaan Situs itupun kini di jadikan wahana wisata sejara untuk dikunjungi baik oleh masayarakat lokal para sejarahwan baik nasional maupun sejarwan manca negara yang ada. 
 
Seperti yang dilakukan oleh, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) kabupaten Dompu saat ini. 

Demi memajukan kelestarian Situs Dorobata tersebut jajaran pemerintah yaitu Disbudpar Dompu menyatukan pendapat serta gagasan kemudian dituangkan melalui rapat pemembahasan Sketsa Sutus Dorobata yang aka di bagunan nantinya. 

Rapat yang dipimpin oleh Sekertaris Disbudpar Dompu dihadiri oleh Kepala Dinas Disbudpar Ir. Abdul Muis Msi, Kabud Kebudayaan, Zainal Afrodi S.Pd., MM. Kabid Promosi Disbudpar Para Pegiat Seni dan Budaya, pegiat sejarah dan pemerhati seni dan budaya Dompu.

Dalam rapat Kadis Disbudpar Kabupaten Dompu Ir. Abdul Muis, M.Si  mengatakan, bahwa menghidupkan dan melestarikan kembali situs Dorobata serta serjarah peradaban yang ada sekitar. Pihaknya berserta jajaran lainya yang ada di Disbudpar sudah merancang sketsa bangunan situs Dorobata yang nantinya akan dibangun.

"Demi menjaga keutuhan dan kelestarian beberapa peningalan sejara, salah satunya situs doro bata ini, tentu kami yang ada ditingkat Dinas Disbudpar akan melakukan beberapa upaya dalam pengembangannya. yang pertama memperbaiki menjaga, kemudian membangun fasilitas pendukung disekitarnya. Kenapa itu dilakukan, agar kelestarian situs Dorobat itu dapat terjaga," terang Kadis Disbudpar Kabupaten Dompu kamis pagi (24/03/22) Sekitar pukul 10:19 wita. 

Situs Dorobata itu diketahui adalah situ yang menggambarkan tiga peradaban antara lain yaitu, " Animisme, Hindu/Budha dan Islam, yang sangat luar biasa nya lagi, situs tersebut tidak dapat di temukan di Daerah atau di Negara lain, satu satunya hanya ada di kabupaten Dompu, jadi keberadaan situ ini sangat penting untuk dilestarikan kita," ujarnya. 


Sementara Kabid Kebudayaan Disbukpar Dompu Zainal Afrodi S.Pd., MM juga mengatakan, 
Keberadaan situ wisata Dorobata tersebut, adalah situs sejara yang menandakan lahirnya tiga peradaban, tidak hanya itu, dengan keindahan serta keunikan situs tersebut, mendorong para peneliti serta Arkeolok baik Daerah Nasional dan bahkan Internasional mendatanginya.

"Pengembangan pariwisata merupakan suatu rangkaian upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan serta memajukan kembali peradaban-peradaban yang ada. Dan Itu kami lakukan mulai dari nol, setelah kami melakukan penelitian, kami bersama jajaran yang ada kemudian merancang sketsa gambar struktur bangunannya, kemudian nantinya kita espor baik ditingkat pemerintah maupun publik," terang Zainal Afrodi. 

Mudah-mudahan lanjut Zainal Afrodi, apa yang menjadi wacana serta strategi pembangunannya kami tuangkan dalam Sketsa bagunan itu, dapat didukung dan direspon baik oleh Bapak Bupati Dompu maupun Ketua DPRD kabupaten Dompu. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar