Aksi Bulan Cinta Laut Pelaksanaan Gerakan Bersih Pantai dan Laut Kolo Kota Bima


Kota Bima, Media Dinamika Global.Id -- Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut melaksanakan Kegiatan Bersih Pantai Kolo dalam rangka Aksi Bulan Cinta Laut yang dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) di kota Bima pada hari Sabtu, 5 Maret 2022.

Unsur Kementerian yang terlibat terdiri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan terdiri dari Kepala BPSPL Denpasar, Kordinator Kelompok Kerjasama, Humas dan pelayaran, Setditjen PRL, Koordiantor Kelompok Restorasi, Koordinator Kelompok Pulau-pulau kecil dan terluar.

Hadir pula Wali Kota Bima, Anggota DPR RI Komisii IV, Gunernur NTB melaui Perwakilan Dinas Kelautan Perikanan NTB, Dandim 1608/Bima, Kapolres Bima Kota, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, DLH, Dispar, Diskominfotik, Dikes, Dishub, Satgas Pencegahan Covid- 19 Kota Bima, Pol PP, Camat Asakota, Lurah Kolo, Kepala PLN, Pokwas So Pancala, Pokdarwis Kolo, Dirut PT. MAN Energy Solutions Indonesia (PLN), Bank NTB Syariah, Pimpinan  Bank BRI, Kepala WCS NTB, relawan, masyarakat, nelayan, pokwasmas, pelajar, mitra dan pegiat lingkungan.

Dalam sambutannya Wali Kota Bima mengungkapkan bahwa kebersihan laut dan pantai menjadi tugas kita bersama. Apalagi telah adanya Perda yang mengatur tentang pelestarian laut dan pantai. Ditambah dukungan dari segenap pemilik usaha sepanjang pantai senantiasa selalu menjaga kebersihan.

"Dengan adanya gerakan bersih pantai dan laut, menjadi salah satu bagian atas langkah bersama Kota Bima tentang pentingnya menjaga laut dan pantai yang kita cintai," ungakapannya.


Ditambahkan olehnya bahwa Teluk Bima memiliki banyak spot yang begitu indah untuk kegiatan snorkling dan diving. Laut dan pantai begitu penting bagi kita semua. Laut sebagai sumber mata pencaharian, dan pantai menjadi ekowisata bahari," tuturnya.

Dalam laporan Plt. Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Muhammad Yusuf menyatakan baginya laut adalah masa depan bagi kita semua, oleh karenanya sangat sangat penting untuk menjaganya. Hal tersebut pula merupakan konsen dari visi dan misi Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut.

Anggota DPR RI Komisi IV H. Muhammad Syafrudin, ST, MM mengungkapkan bahwa dirinya beserta segenap rekan akan senantiasa memberikan yang terbaik bagi bangsa secarana nasional, Provinsi NTB dan Kota Bima pada khususnya. Dirinya juga tak lupa mendo'akan kesuksesan Wali Kota Bima dalam mengemban tugas dan pengabdian.

"Semoga dengan adanya Dermaga Terapung akan membawa berkah bagi semua", harapnya.

Gubernur NTB melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB Muslimin, ST, M.Si membuka secara resmi acara Bersih Pantai Kolo. Di tegaskan pula bahwa terkait segala perjinan atas pembanguan Dermaga Terapung telah rampung seluruhnya.

Dirinya meminta kepada seluruh elemen untuk dapat bekerjasama dan menjaga keberlangsungan seluruh program yang di canangkan tersebut. 
Acara dilanjutkan dengan pengumpulan dan penimbunan sampah dan peletakan batu pertama di Pelabuhan Kolo secara simbolis, dirangkai dengan penanaman mangrove dan vaksinasi oleh Dinas Kesehatan. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar