PEMDES KANANTA MANFAATKAN DATA SID DPS PILKADES 2022,AKSES INTERNET TIDAK MAKSIMAL, BUTUH PERHATIAN


Kananta. Media Dinamika Global. Id. - Pemanfaatkan SID ( Sistem Informasi Desa)merupakan langkah efektif untuk mempermudah Akses Informasi dan Tranformasi secara Online atau By Data. Tetapi Pemanfaatan itu kadang juga mengalami kendala seperti kurang stabilnya Jaringan Telekomunikasi sehingga mengalami hal itu. Keluhan itu tentunya agar mempermudah Akses By Data,sehingga pemerataan jaringan bisa lebih optimal dan lebih baik lagi. Jumat,18/02/2022

Seperti halnya saat ini, betapa sulitnya bagi kami yang ada di Desa terisolir,yang hanya mengandalkan beberapa HP seadanya bahkan menggunakan Hospot saja apabila ada sebagaian yang memiliki HP Androin,jika tidak maka kami mengalami kendala. Sebenarnya pada Iven Pendataan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkades tentunya saat ini sangat di butuhkan SID seperti ini.

Sekretaris Desa Kananta Ilham,S.Pd melalui Pesan Wasshap nya pada Media ini mengatakan bahwa Kami memang ingin memanfaatkan data SID dengan sebaik-baiknya, guna mempermudah pekerjaan Panitia dan Pantarlih yang bertugas mendata daftar pemilih yang ada di masing-masing RT,RW serta Dusun. Sehingga dilapangan mereka tinggal mencocokkan data dari SID dengan kondisi ril dilapangan.

Dengan adanya aplikasi SID ini kami memang dipermudah dari berbagai kebutuhan data kependudukan. Sehingga kami tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan data yang di minta oleh instansi lain.Cuma kendala kami untuk menjalankan aplikasi ini adalah jaringan untuk mengakses nya karena di kantor Desa kami hanya mengandalkan hotspot dari HP android saja. Tuturnya

Lanjutnya, bahwa selama ini kami sangat membutuhkan Data yang sistimatis, efektif,dan mudah di jangkau oleh semua pihak,termasuk bagaimana caranya antara Data ini bisa di akses secara Universal. Sehingga kemudian terhadap Data itu dapat terpantau di setiap instansi itu sendiri.

Kendala ini sebenarnya sungguh membuat kami agak kurang memuaskan sebab jaringan Telekomunikasi nya tidak maksimal. Padahal Informasi dan Transformasi saat ini sangat di butuhkan terutama Bagi Panitia dan Pantarlih di Desa Kananta Kec.Soromandi Kab.Bima. kondisi ini harus ada atensi khusus dari Pemerintah Pusat agar kemudian masalah ini cepat berlalu. Tambahnya

Selaku Kepala Kantor Desa Kananta Kec.Soromandi Kab Bima Berharap agar lebih efektif terhadap Data itu,kita semuanya harus hadir,bersinergi,untuk menyelesaikan masalah yang tidak saja berada Desa kami,tetapi juga terhadap Desa lainnya.


Harapan kedepannya semoga ini bisa terus dikembangkan dengan fasilitas seperti jaringan untuk mendukung kemajuan aplikasi ini. Sehingga daya dukung ini tentunya harus ada keterlibatan oleh Dinas yang berwenang dalam hal ini Dinas Kominfo Kab.Bima sebab selama ini Jaringan Telekomunikasi di Kantor Desa itu dan kita hanya memakai hotspot dari HP android saja. Sementara sekarang di desa banyak aplikasi online yang membutuhkan jaringan internet. Pungkasnya.(MDG 01) 
Load disqus comments

0 comments