Pelatihan Jurnalistik Jilid 2, PWI Bima: Mengapa Jurnalistik Dituntut Kompeten ?


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bima kembali menggelar pelatihan jurnalistik tahun 2021, pelatihan dimulai pada pukul 07.30 berlokasi di SMKN 3 Kota Bima, Sabtu 17/12/21.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Kapolres Kota yang diwakili oleh Kadis Humas Iptu Jufrin, Bupati Bima diwakili oleh Asisten Satu Drs. H. Arifudin, Dandim 1608 diwakili oleh Letkol Infanteri Husain, Asisten Satu Kota Bima H. Abdul Gadis, Ketua PWI Bima Indra Gunawan dan dihadiri oleh 32 Peserta.

Pelatihan jurnalistik jilid 2 ini mengangkat tema "Mari Belajar Menulis Berita". Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Kota Bima H Abdul Gadis. 

Ketua PWI Bima Indra Gunawan dalam sambutannya menyampaikan selamat bergabung kepada peserta pelatihan jurnalistik. 

"Mari kita belajar bersama untuk meningkatkan penulisan kita dalam menyajikan berita," ajaknya. 

Indra Gunawan mengungkapkan, belajar menulis berita tidak melihat dari umur atau pun sudah lama menjadi wartawan. Tetapi belajar itu setiap waktu. 

"Belum tentu lama menjadi wartawan, tulisannya baik dan benar. Ini pentingnya belajar," ujarnya. 

Menulis merupakan sesuatu yang rutin bagi wartawan, sebab menulis berita sangat berbeda dengan menulis yang lain, maka diperlukan kepintaran dan kompeten dalam menyajikan berita.

"Menulis berita itu ada polanya. Salah satunya yaitu pola piramida terbalik," jelasnya. 

Untuk itu, belajar menulis berita itu sangat penting untuk mengasah kemampuan agar karya yang dihasilkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. 

"Sangat penting belajar menulis. Jangan sampai tulisan menyeret kita ke persoalan hukum, dan juga tidak menghak imi seseorang," paparnya. 

Bupati Bima diwakili oleh Drs. H. Arifudin menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bima menyambut baik kegiatan Pelatihan Jurnalistik Jilid 2 ini, dalam rangka bertujuan untuk menumbuhkan kembangkan kecintaan menulis, menggali potensi serta mengembangkan etika jurnalistik.


Keberhasilan pembangunan tidak hanya didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, insan Pers merupakan salah satu faktor pendukung untuk menopang pemberitaan yang positif terkait dengan pembangunan.

Oleh karena itu upaya Pelatihan Jurnalistik Jilid 2 ini, merupakan upaya meningkatkan kompetensi seorang wartawan, ungkapnya. (MDG. 005.)

Load disqus comments

0 komentar