HJR Anggota DPR RI Intens Blusukan, Serap Aspirasi Warga Tambak di Palibelo Kab.Bima NTB


Palibelo. Media Dinamika Global. Id. Salah satu Anggota Komisi IV DPR RI di Akhir Tahun ini sering melakukan Blusukan  dalam rangka Serap Aspirasi Warga sekitarnya terutama Para Petambak yang ada di Kec. Palibelo Kabupaten Bima. Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan kerap kali menyerap aspirasi Teman-teman petambak Desa Palibelo, Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Antusias Warga menjemput HJR sangat Luar biasa pada Selasa, (21/12/2021).

Legislator asal Sumbawa ini, menyerap aspirasi warga petambak Desa Palibelo Kecamatan Palibelo, dan juga memberikan bantuan sebanyak 10 truk tanah untuk memperbaiki kondisi jalanan yang dilewati masyarakat sehari-hari untuk sementara waktu. Semoga ikhtiar kita dipermudah. 

Dari pertemuan tersebut, Johan Rosihan, mendapat berbagai aspirasi para petambak tentang penyaluran program dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Para Petambak berharap agar Johan Rosihan yang merupakan DPR RI Komisi IV yang bermitra langsung dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan itu dapat menyalurkan program aspirasinya ke Petambak di wilayah Desa Palibelo, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima.

Menanggapi aspirasi sejumlah warga petambak tersebut, Johan Rosihan menerangkan bahwa masyarakat bisa mengajukan bantuan terutama bagi petambak ikan dan udang. Namun demikian, hal itu dapat diajukan sesuai mekanisme, dengan membuat kelompok pembudidaya ikan melalui koperasi perikanan.

Johan yang juga merupakan Sekretaris Fraksi PKS DPR RI MPR itu, mendorong KKP agar budidaya perikanan semakin diberdayakan untuk menopang kedaulatan pangan nasional dengan dialokasikan anggaran untuk tahun 2022.

Menurutnya, kedaulatan pangan melalui budidaya perikanan perlu dibangun karena penting menghasilkan sumber protein hewani seperti ikan sehingga tidak hanya sumber protein nabati saja.

Johan juga menyampaikan berbagai bantuan pemerintah pusat berupa bantuan benih dan calon induk ikan, pakan ikan mandiri, paket bantuan sarana budidaya ikan hias, paket bantuan budidaya ikan sistem bioflok dan bantuan modal usaha kepada pelaku usaha budidaya di Bima.

“Kedepan kita juga mendorong Pemerintah Daerah agar menaikan anggaran yang dialokasikan untuk pembudidaya ikan. Selain itu, pembangunan kawasan budidaya ikan yang meliputi jaringan air, jalan dan listrik, Instalasi Penanganan Limbah (IPAL) dan cold storage juga sangat diperlukan,” jelasnya

Namun demikian, masih banyak budidaya tambak ikan dan udang yang secara keseluruhan belum berkelanjutan sehingga kerap menimbulkan permasalahan penyakit sehingga budidaya kerap mengalami kegagalan.

Permasalahan lainnya, lanjutnya, adalah banyak masyarakat yang belum menguasai bagaimana budidaya perikanan udang yang baik, serta belum memiliki akses pasar, dan terbatasnya sarana dan prasarana.

Kita sepakat untuk sama-sama memperjuangkan Palibelo sebagai kampung budidaya bandeng agar desa pesisir ini bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusat.(***)

Load disqus comments

0 komentar