BACAKAN SAMBUTAN GUBERNUR DALAM UPACARA HUT NTB KE-63 WABUP DOMPU INGATKAN PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id. -Lingkungan yang lestari, hijau, terlindungi serta terjaga dari kerusakan menjadi harapan besar Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan mewujudkan harapan besar ini sinergisitas dan kebersamaan semua elemen daerah di Provinsi NTB sangat diperlukan.

Harapan dimaksud disampaikan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT, saat membacakan sambutan Gubernur NTB, Dr. Zulkifliemansyah, SE., M.Sc pada pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) NTB Ke-63 Tahun 2021, Jum’at (17/12/21) pukul 08.00 Wita – Selesai di Lapangan Beringin Dompu.

Kata Wabup bencana demi bencana yang telah terjadi, harus mampu menyadarkan kita semua bahwa berhubungan dengan alam sekitar manusia tidak boleh semena-mena. ada makhluk lain yang berhak dilindungi dan dijaga untuk tumbuh dan hidup bersama kita, seiring sejalan dalam keseimbangan. “Kelestarian alam harus menjadi perhatian bersama, NTB asri dan lestari adalah sebuah keniscayaan”, terang Wabup .

Berikutnya disampaikannya juga  untuk menapaki era baru bagi kemajuan NTB, dibutuhkan kerja keras, inovasi dan kreativitas dari semua elemen daerah. “Menyongsong era baru menuju kemajuan tersebut dibutuhkan optimisme dan perlu mendorong agenda-agenda strategis”, terangnya.

Berikutnya dimomen ini juga Wabup ucapkan Ulang Tahun bagi sebuah daerah menjadi momentum yang baik untuk membangun resolusi. Menurutnya resolusi yang baik dan diinginkan adalah kemajuan. “Kemajuan yang diharapkan tercapai bisa satu langkah, dua langkah atau mungkin ribuan langkah maju, kearah kehidupan yang lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih bermartabat”, tandasnya.

Selanjutnya Wabup saat membacakan amanat upacara, menyampaikan dalam perjalanan waktu berkhidmat untuk NTB berbagai kinerja positif dan kesuksesan yang diraih serta mampu dipertahankan seperti WTP 10 kali berturut-turut sejak Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021.

Kemudian dalam amanatnya yang dibacakan Wabup, Gubernur menjelaskan berbagai prestasi barumampu ditorehkan antara lain peringkat tiga nasional kategori Pemerintah Provinsi sebagai Badan Publik Informatif, Indeks Kebebasan Pers (IKP) meningkat signifikan dari posisi 28 tahun 2020 menjadi peringkat 12 di tahun 2021, dan di tahun 2021 mampu masuk nominasi terbaik Daerah Innovative Government Award (IGA).

Lanjutnya lagi, NTB juga mencatat prestasi dalam bidang olahraga dengan meraih 11 medali emas, 13 medali perak dan 12 medali perunggu dan berada pada posisi 9 nasional di Pekan Olah Raga Nasional (PON) Papua Tahun 2021 dan melalui program industrialisasi NTB akan terus mendorong lahirnya sepeda motor listrik, mesin-mesin industri dan berbagai inovasi teknologi yang tidak hanya melibatkan kalangan komunitas tapi juga dari kalangan pelajar SMK dan Universitas.

Kemudian melalui program 1000 Cendekia, Pemerintah Provinsi NTB berhasil mengirim 593 penerima beasiswa ke luar negeri. “Para penerima beasiswa dimaksud melanjutkan kuliah di berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di berbagai negara seperti Malaysia, China, Taiwan, Polandia, Cekoslavakia, Sudan, Hungaria dan Rusia”, ungkapnya.

Disela waktu dimomen ini juga Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM.M.MKes, membacakan Sejarah Singkat Nusa Tenggara Barat. Berbagai kemajuan yang telah ditorehkan NTB dari Gubernur pertama hingga Gubernur Dr. Zulkifliemansyah, SE., M.Sc dibacakan Sekda yang juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan ini.


Kata Sekda Gatot Gunawan PP, NTB merupakan Provinsi Kepulauan yang terletak di Tenggara Indonesia, dengan dua Pulau Utamanya, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Lanjutnya dimasa kemerdekaan, NTB menjadi bagian dari Provinsi Sunda Kecil yang beribu Kota di Singaraja Bali, tidak berlangsung lama NTB kemudian menjadi Provinsi pada tanggal 17 Desember 1958 dengan bergabungnya Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa berdasarkan UU Nomor 64 Tahun 1958 Tanggal 14 Agustus 1958 Tentang Pembentukan Daerah-Daerah Swantara Tingkat I Bali, NTB dan NTT. “Momen inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Provinsi NTB hingga kini”, ungkap Gatot Gunawan.

Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT NTB Ke-63 Tahun 2021 berjalan khidmat, aman tertib dan lancar diikuti Wakil Bupati, Ketua DPRD, Anggota Forkompimda, Sekda Dompu,  Pimpinan OPD, Kabag Setda, Camat, Ketua TP.PKK, Ketua GOW, Ketua Organisasi Wanita, dan elemen penting lainnya yang dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada institusi / unit kerja yang telah mencapai 70 Porsen angka vaksinasi. (Prokopim)
Load disqus comments

0 comments