Wakapolres Bima membacakan Sambutan Kapolres Bima dalam Rangka Peresmian Pembentukan Polsek Soromandi Polres Bima


Bajo Soromandi Bima. Media Dinamika Global. Id. Waka Polres Bima membacakan Sambutan Kapolres Bima dalam Rangka Peresmian Pembentukan Polsek Soromandi Polres Bima yang di helat di Bajo Kecamatan Soromandipada hari sabtu tanggal 3 April 2021. Dihadiri oleh Unsur Muspika, para Kepala Desa se-Kema, Ketua BPD se-Kecamatan, unsur Pemuda, Pendidikan, Agama, dan Tokoh Masyarakat lainnya. 

Mengawali sambutan tersebut Wakapolres Bima mengucapkan Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah Tuhan SWT, karena atas limpahan Rahmat dan Karunianya pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk melaksanakan acara peresmian pembentukan Polsek Soromandi Polres Bima di MAKO Polsek Soromandi ini.

Sesuai dengan keputusan Kepala Kepolisian Daerah NTB Nomor: KEP/151/III/2021 Maka Subsetor Soromandi Polres Bima telah ditingkatkan status menjadi Kepolisian Sektor  (Polsek) Soromandi dan hari ini kita Resmikan melalui acara Seremonial yang sederhana namun penuh makna. 

Peningkatan status dan terbentuknya Polsek Soromandi ini tentu tidak lepas dari peran aktif semua pihak,  terutama Muspika Kec.Soromandi, para Kepala Desa di Kec.Soromandi dan tentunya juga seluruh Masyarakat Kec.Soromandi yang sangat berkeinginan memiliki satuan Polri setingkat Polsek di Kec.Soromandi ini. 

Dengan adanya Polsek ini maka secara bertahap kami akan memenuhi jumlah Personel, peningkatan Sarana dan Prasarana yang akan mendukung pelaksanaan tugas Polri dalam rangka Melindungi, Mengayomi Masyarakat di Kec.Soromandi.


Dengan peningkatan status atau terbentuknya Polsek Soromandi ini, maka dengan ini juga berarti Kewenangan-kewenangan Polsek akan secara otomatis bisa dilakukan oleh Pers yang bertugas di Polsek Soromandi khususnya dalam penanganan atau Penyelidikan dan Penyidikan Tindak Pidana yang terjadi diwilayah Kec.Soromandi ini.

Dimana pada saat masih berstatus Polsubsektor, penanganan Tindak Pidana masih dilaksanakan oleh Polsek Donggo sebagai Polsek Induk dari  Subsektor Soromandi. Pada hal kita ketahui bersama dengan jarak yang cukup jauh, maka masyarakat Soromandi cukup kesulitan untuk mendapatkan pelayanan Polri apabila ada masyarakat Soromandi yang hendak melaporkan terjadinya suatu Tindak Pidana. 

Terbentuknya Polsek Soromandi ini saya harapkan pelayanan Polri kepada masyarakat Kec.Soromandi dapat ditingkatkan dan lebih maksimal lagi dibandingkan dengan waktu masih berstatus Polsubsektor.

Pada hari ini saya selaku Kapolres Bima sengaja meresmikan langsung pembentukan Polsek Soromandi ini bersama seluruh Muspika dan Tokoh-Tokoh Masyarakat yang ada di Kec.Soromandi.

Hal ini mengandung maksud bahwa kami Polres Bima, ini selalu berusaha hadir dan mendekatkan diri di tengah-tengah Masyarakat. Keamanan juga merupakan salah satu faktor penting dalam perjalanan hidup Bangsa, dan situasi Kamtibnas secara umum diwilayah Kec.Soromandi masih Aman dan Kondusif. Disini saya tegaskan kembali bahwa situasi ini terjadi tentunya karena ada Sinergitas yang baik antara Polri , TNI dan seluruh Masyarakat Kec.Soromandi. 

Mari kita semua saling bahu membahu untuk tetap mempertahankan situasi Kamtibnas ini, saya yakin saudara-saudara semua ingin Kec.Soromandi ini menjadi wilayah yang paling aman diseluruh Kabupaten Bima.


Pada saat awal-awal saya menjabat sebagai Kapolres Bima, saya mendengar Stigma bahwa Kec.Soromandi ini adalah Kecamatan yang Rawan dan sering terjadi Tindak Pidana. Tapi sekarang kita bisa lihat sendiri,  peran serta masyarakat yang sudah maksinmal dan munculnya Kedewasaan berfikir masyarakat Soromandi maka kejadian-kejadian dan Tindak Pidana tersebut Nyaris tidak pernah terjadi lagi.

Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kecamatan Soromandi,  karena sudah bisa membuat situasi KAMTIBNAS yang sangat Kondusif sampai saat ini. 

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya juga sampaikan bahwa menindaklanjuti peningkatan status Polsek Soromandi juga akan diikuti dengan pembangunan MAKO Polsek Soromandi yang baru. 

Pembangunan MAKO baru mungkin akan dilaksanakan pada waktu dekat ini, karena masih dalam proses Administrasi maka insya Allah pertengahan Tahun dan bertepatan dengan berakhirnya musim penghujan maka pembangunan MAKO Polres Soromandi dapat dilaksanakan.

Demikian amanat saya, semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungannya kepada kita semua agar kita senantiasa menjadi insan yang bermanfaat bagi, Keluarga, Agama, Masyarakat, Bangsa dan Negara dan peningkatan status Polsek Soromandi hari ini saya tetapkan secara Resmi.

Wakapolres usai membacakan sambutan itu, langsung menandatangani Berkas Penyerahan Sub sektor ke Mako Polsek Soromandi dan sekaligus memeriksa ruangan Mako Polsek di dalamnya. (MDG Lan). 

Load disqus comments

0 komentar