Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK menerima Kunjungan Dirdiklat Pusterad


Media Dinamika Global-id. Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK menerima Kunjungan Kerja dari Direktur Pendidikan dan Latihan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Dirdiklat Pusterad) yang dipimpin oleh Brigjen TNI Togar PRL Pangaribuan, S.I.P. untuk mengevaluasi Kegiatan Teritorial kepada Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK yang sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan di sektor barat wilayah Kalimantan Barat. Rabu (07/02/2024).

Tujuan dari kunjungan kerja Dirdiklat Pusterad ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Teritorial yang telah dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK selama melaksanakan penugasan, serta memberikan evaluasi dari hasil kegiatan teritorial yang telah dilaksanakan Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK.

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK memiliki tugas pokok dan tanggung jawab antara lain menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan wilayah darat RI-MLY, mencegah segala bentuk kegiatan ilegal dan penyelundupan, mewujudkan kesadaran masyarakat yang berada di perbatasan untuk mematuhi dan mentaati ketentuan hukum yang berlaku serta melaksanakan pembinaan teritorial (binter) untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan.


Dansatgas Mayor Arm Andreas Prabowo Putro, S.I.Pem., M.I.P., M.Han. menyampaikan bahwa keberadaan Satgas Pamtas RI-MLY di daerah penugasan selalu memberikan yang terbaik, salah satunya dibidang teritorial. “Dalam mengemban tugas dan tanggung jawab diperbatasan ini sangat erat kaitannya dengan kegiatan pembinaan teritorial (binter) kepada masyarakat, kita harus menjalin dan memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat,” tutur Dansatgas.

Dalam Kunjungannya, Dirdiklat Pusterad mengunjungi kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan, meninjau kegiatan mengajar yang dilakukan Anggota Satgas Pamtas dan mengunjungi Pos Panga Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK untuk melihat dan meninjau langsung situasi kondisi serta keadaan teritorial di beberapa wilayah perbatasan ini. Selain itu juga untuk mengevaluasi kegiatan teritorial yang telah dilaksanakan oleh Pos Jajaran Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK.


Brigjen TNI Togar PRL Pangaribuan, S.I.P. selaku Dirdiklat Pusterad mengatakan kepada Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK bahwa dalam melaksanakan kegiatan bidang teritorial harus memberikan manfaat bagi masyarakat. ”Pelihara hubungan baik yang telah terjalin baik dengan masyarakat, serta pelihara sinergitas dengan instansi terkait untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.” ujar Dirdiklat Pusterad.

Di akhir kunjungannya, Brigjen TNI Togar PRL Pangaribuan, S.I.P. berpesan kepada Dansatgas agar tetap menjaga moril anggota serta selalu mengingatkan anggota untuk tidak berbuat pelanggaran selama pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan ini. (Red MDG)

Load disqus comments

0 comments