Hari Ini Pj.Walikota Bima Teken Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah Dengan Kemendagri


Jakarta, Media Dinamika Global.id.~ Penjabat Walikota Bima Ir. Mohammad Rum, MT, menandatangani Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi  Daerah dengan Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd. Kegiatan itu digelar hari ini Rabu (4/10/2023) di Hotel Orchad Industri Jakarta serta dihadiri sejumlah Walikota dan Bupati dan para Kepala Bappeda dan juga BRIDA beberapa daerah di Indonesia. PJ Walikota hadir di acara tersebut didampingi Kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc.

Kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, menjelaskan, Inovasi Puja Indah adalah sebuah Layanan pemerintah Berbagi Pake atau disebut Multi Tenant yang berbasis data Input yang dikembangkan untuk percepatan Layanan pemerintah melalui Layanan Elektronok dalam satu Platform Layanan.

Layanan tersebut berisi, hasil pengkajian, perekayasaan, Pendataan, adopsi dan modifikasi serta replikasi berbagai inovasi daerah menjadi inovasi berskala nasional untuk mendorong inovasi tata Kelola pemerintah daerah, Inovasi Pelayanan Publik dan mengintegrasikan inovasi lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenagan daerah.

Ia menjelaskan, ruang lingkup Puja Indah meliputi Data Base Layanan, Kolaborasi antar Stakeholder, Pembinaan dan Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi pusat Edukasi dan Informasi, Pengembangan Perekayasaan dan Penerapan serta Replikasi dan Modifikasi.

Beberapa poin yang menjadi tema Puja Indah menyangkut Inovasi Layanan Pendidikan, Inovasi Layanan Perizinan, Inovasi Layanan Kesehatan, Inovasi Layanan Ketenagakerjaan, Inovasi Layanan Kependudukan.

Adhi Aqwam, Layanan Puja Indah ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat, sehingga penyebarluasan infomasi penerapan Puja Indah secara masiv ke Masyarakat menjadi factor penting dimanfaatkannya Layanan tersebut, sebagai kepala Badan yang menangani Riset dan Inovasi di Kota Bima, dirinya siap menindaklanjuti komitmen tersebut sesuai arahan Walikota Bima.

Perlu dicacat, Pemerintah Kota Bima telah beberapa kali mendapat penghargaan dalam hal Inovasi, termasuk menjadi salah salah satu Kota terinovatif, hal itu lantaran Pemkot Bima dibawah kepemimpinan Walikota sebelumnya memiliki komitmen kuat dalam hal memberikan kemudahan pelayanan kepada Masyarakat melalui inovasi yang diciptakan.(sekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments