Wakapolda Bali Melantik 162 Bintara Polri Di Lemdikpol Guna Ciptakan Personil Siap Pakai


Bali,Indonesia,- Media Dinamika Global,Id,-Selama 5 (lima) bulan lamanya, siswa para Bintara Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) dengan baik. Hingga tiba pada hari dimana para siswa Bintara Polri secara resmi untuk dilantik menjadi anggota Polri, dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Berkaitan dengan hal tersebut, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si., berkesempatan hadir dan bertindak sebagai Inspektur pada Upacara Penutupan Pendidikan Pemebentukan Bintara Polri Gel. I Tahun Anggaran 2023, yang bertempat di Lapangan Bhakti SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Bali, Singaraja, Kamis (6/7/2023).

Hadir  acara tersebut Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny. Candra Ketut Suardana, Karo Log Polda Bali Kombes. Pol. Nelson Pardamean Purba, S.I.K., M.H., Dir Binmas Polda Bali Kombes. Pol. Arsdo Ever Parlindungan Simatupang, S.I.K., S.H., Kabid TIK Polda Bali Kombes. Pol. Ambariyadi Wijaya, S.I.K., S.H., M.H., Kabid Keu Polda Bali Kombes. Pol. Endang Sri Wahyuni, S.I.K., Kabid Labfor Polda Bali Kombes. Pol. Sugeng Hariyadi, S.I.K., M.H., Ka SPN Polda Bali Kombes. Pol. Drs. I Nengah Subagia, serta seluruh PJU Polda Bali yang hadir bersama dan Bhayangkari Polda Bali.


Dalam sambutnnya, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si., menyampaikan ucapan selamat kepada para Bintara Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan, sehingga dengan demikian melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara.

_“Amanah ini harus saudara selalu ingat, junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, penuh kebanggaan, kehormatan dan niatkan untuk selalu berbuat yang terbaik dimanapun saudara ditugaskan, untuk itu, bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya.

Jenderal bintang dua ini juga menambahkan bahwa apa yang telah dicapai oleh para Bintara Polri yang baru dilantik pada hari ini, bukanlah akhir dari perjuangan melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara. _“Saudara nantinya akan menjadi garda terdepan pada pelaksanaan tugas polri di lapangan yang akan berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga kehadiran saudara akan menjadi cerminan layanan polri secara keseluruhan,”_ imbuhnya.


Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Satake Bayu, S.I.K., M.Si., menjelaskan bahwa pada upacara penutupan Pendidikan serta pelantikan para siswa Bintara Polri oleh Wakapolda Bali di SPN Polda Bali ini merupakan salah satu momentum lahirnya polisi-polisi remaja, yang nantinya akan menjadi kekuatan strategis dalam menunjang pelaksanaan tugas Polri yang semakin berat kedepannya.

_“Nantinya, 162 Bintara remaja yang telah dilantik menjadi personel Polri ini nantinya diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin meningkat dengan kehadiran Polisi di tengah lingkungan sosial sehingga hal ini akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.


Selain pelantikan pada pembentukan Bintara Polri di SPN Polda Bali, bertepatan dengan hari ini pada setiap SPN masing-masing Polda juga dilaksanakan upacara serupa yang dipimpin oleh masing-masing pimpinan Polda seluruh Indonesia. Selain itu, pada Lembaga Pendidikan Polri terpusat (Pusdik Brimob Polri dan Pusdik Polairud Polri) dilaksanakan pelantikan pembentukan Tamtama Polri, pelantikan siswa Tamtama Polri nanti akan berpangkat Bhayangkara Dua.

Untuk diketahui bersama, bahwa dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara dan Tamtama sebanyak 9.098 orang, terdiri atas 8.458 Polisi laki-laki dan 640 Polisi wanita. jumlah tersebut terbagi ke dalam 6.901 Bintara Polisi tugas umum, 499 Bintara Brimob, 100 Bintara Polair, 1.499 Tamtama Brimob dan 99 Tamtama Polair,

( Netti Herawati).

Load disqus comments

0 comments