Pelepasan Siswa Kelas VI Dan Dirangkaikan Dengan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) SDN 29 Tanjung Kota Bima


Kota bima, Media Dinamika Global.id.- Sekolah Penggerak SDN 29 Tanjung Kota Bima pada Sabtu (03/06/2023) mengadakan pelepasan siswa Kelas VI Tahun Pelajaran (Tapel) 2022-2023 yang dirangkaikan dengan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema : "The Power of Kambolo Weli" (Artinya) kegiatan tersebut bisa terselenggara karena di awali dengan kekuatan Musyawarah untuk mencapai kata mufakat  antara guru, siswa, komite sekolah dan wali murid.

SDN 29 Tanjung Sabtu itu melepas siswa kelas akhir sebanyak 77 orang. Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima Drs. Supratman, M. Ap, Sekdis Taufikurrahman, S. Pd., M. Ap, Kabid Dikdas Muhammad Humaidin, M. Pd, Korwas Pendidikan Abd. Salam, S. Pd, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) RasanaE Barat Asnar Karnilita, S. Pd., SD, Ketua KKKS Kecamatan Asakota yang juga Kepala Sekolah Penggerak SDN 28 Melayu Nurfatuh, S. Pd dan sejumlah guru dan kepala sekolah purna tugas dari SDN 29 Tanjung serta beberapa kepala sekolah lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala SDN 29 Tanjung Sri Wahyuni, S. Pd menjelaskan Kambolo Weki (berasal dari Bahasa Bima) merupakan program unggulan sekolah ini yang artinya musyarawah untuk mufakat. "Sekolah ini memiliki siswa sebanyak 534 orang dari Kelas I - VI dan ini adalah kekayaan bagi kami, selain itu sekolah ini juga banyak siswa pindahan (pendatang) dari luar Bima," ulasnya.

SDN 29 Tanjung Selain Lepas Siswa Kelas VI, Juga Gelar Panen Karya P5

Siswa-siswi Kelas VI saat di khataman Al Qur'an.

Kata Ibu Sri (panggilan akrabnya), guru-guru disini banyak memiliki potensi yang terpendam, sehingga saat ini mereka (guru) mengekspresikan dirinya lewat anak-anak didikannya dengan menampilkan beberapa kebolehannya. Baik tarian tradisional maupun kreasi, Pramuka, Pantomim, puisi, drama dan lain-lainnya. "Kegiatan pelepasan siswa ini terlaksana atas kerjasama dengan Komite Sekolah dan jajaran SDN 29 Tanjung dan dana sumbangan ini bersumber dari seluruh guru dan orang tua siswa Kelas VI pada khususnya," ujar Kepala Sekolah Penggerak ini.

Sementara itu, Kepala Dikpora Supratman dalam sambutan tunggalnya, mengucapkan terima kasih kepada Crew SDN 29 Tanjung yang telah menampilkan karya-karya P-5 lewat para siswanya, sehingga sekolah ini sudah mampu membangun prestasi yang luar biasa (menggerakkan). "Sekolah ini juga sekolah Penggerak dan sekaligus sekolah satu-satunya Sekolah Penggerak di Kecamatan RasanaE Barat," ujar Supratman.

Sekolah ini punya banyak potensi, terus digali dan ekspresikan potensi tersebut lewat kegiatan-kegiatan yang positif maupun pada program P-5. Sementara itu, pada para wali murid Supratman mengingatkan untuk selalu mendampingi anak-anaknya dirumah, terkait penggunaan Teknologi (IT). Pasalnya teknologi ini ada dampak positif dan negatifnya, jadi sangat diperlukan perhatian khusus dari orang tua, apalagi waktu disekolah sedikit dan mereka (siswa) lebih banyak waktunya di rumah, harapnya.

Diakhir sambutannya, Supratman menjelaskan, bahwa sekolah ini terpilih sebagai Sekolah Penggerak (SP) Tahun 2022 lalu, dan Sekolah ini akan didampingi oleh Kemendikbud selama 3 tahun kedepannya. "Jangan ragu para wali murid untuk menyekolahkan anak-anaknya disini (SDN 29 Tanjung)," imbuhnya.

Load disqus comments

0 comments