Pelatihan Petugas Sensus Pertanian BPS Kota Bima


Sensus Pertanian 2023 Digelar Mei- juni, Masyarakat Diminta Berikan Data Riil

BPS Kota Bima NTB, Media Dinamika Global.id.– Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima. akan menggelar Sensus Pertanian 2023 (ST 2023) selama dua bulan, mulai 29 mei hingga 31 Juni 2023. Masyarakat diminta jujur dengan memberikan data yang sesungguhnya,

Kepala BPS Kota Bima mengatakan, sensus pertanian tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara komprehensif kegiatan pertanian. Cakupannya meliputi subsektor tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan, dan jasa pertanian.

“Terimalah petugas kami dengan baik dan berilah data secara apa adanya, yaitu jujur,” ujarnya ditemui pada acara acara Sosialisasi Sensus Pertanian 2023. Kota Bima, senin(29/5/2023).

Disampaikan BPS, saat ini data-data sangat mudah diakses melalui Big Data, sehingga sensus ini merupakan salah satu sumber dari Big Data tersebut. Sekitar 900 petugas sensus yang terdiri dari PPL (petugas lapangan), PML (petugas pemeriksa) dan Koseka, yakni organik BPS yang bertugas mengoordinasikan kegiatan sensus pertanian di masing-masing kota bima, akan diterjunkan dalam pelaksanaan sensus pertanian 2023 ini.

Sementara itu, ditemui usai membuka acara, Walikota/ Wakil walikota bima.  H.muhammad lutfi  menyampaikan, Pemkot bima. mendukung sepenuhnya pelaksanaan sensus pertanian 2023. Ia mengatakan, sensus ini sangat penting kaitannya dengan data riil yang ada di wilayah pemkot bima, sehingga masyarakat diimbau agar memberikan data yang sesungguhnya.

“Harapannya akan terdata dan terpetakan berkaitan dengan pertanian di wilayah kota Bima, sehingga nanti arahnya akan menentukan kebijakan-kebijakan ataupun strategi-strategi yang akan diambil oleh Pemerintah Kota Bima   di bidang pertanian dan peternakan,” ujarnya.(SekjendMDG).

Load disqus comments

0 comments