17 Perguruan Tinggi Ditutup Karena Jual Beli Ijazah, Bagaimana Nasib Lulusan


Kemenristek Dikti,- Media Dinamika Global.id. - Sebanyak 17 perguruan tinggi ditutup karena ditemukan adanya indikasi kecurangan salah satunya jual beli ijazah. Penutupan ini dilakukan demi menjaga kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nizam mengatakan Belasan Perguruan Tinggi yang Ditutup pada tahun 2023 demi menjaga kualitas Perguruan Tinggi.

"Itu Terpaksa Ditutup karena Perguruan Tinggi tersebut, misalnya ada yang Jual Beli Ijazah," Katanya seperti dilansir dari Antara, pada Minggu, 28/05/2023.

Nizam menyebut, Perguruan Tinggi dimaksud mengeluarkan Ijazah kepada para Mahasiswa namun tidak melalui proses Perkuliahan yang jelas.

"Tidak ada prosesnya tetapi keluar hasilnya seperti itu harus kami Tutup demi menjaga kualitas Pendidikan Tinggi," Ujarnya lagi.

Ia mengatakan, terdapat 9,8 juta Mahasiswa di Indonesia yang perlu dijaga kualitas dan hasilnya, agar dapat masuk ke dalam dunia kerja dengan kompetensi, daya saing, dan produktivitas yang tinggi.

"Karenanya penting untuk menjaga mutu Perguruan Tinggi. Setiap Tahun kita melahirkan 1,7 juta Sarjana dan Diploma, angkatan kerja kita juga bertambah 3,5 juta, dan setengahnya itu lulusan Perguruan Tinggi, jadi kualitasnya harus dijaga, jangan sampai jadi Sarjana Pengangguran," tandasnya.

Ia pun menegaskan agar kualitas Pendidikan Tinggi dijaga dan tidak mengandalkan Sarjanya, namun menjadi Pengangguran.

Artinya, Kampus tersebut patut dipertanyakan statusnya karena bisa membuat anda kecewa jika tidak diterima saat Pendaftaran CPNS.

Tercatat pada Tahun 2023 ini, Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah Mencabut Izin Operasional 17 Perguruan Tinggi karena dinilai Tidak Layak,

Dari jumlah tersebut, terdapat 10  Kampus terletak di Bali,NTT dan NTB.

Berikut daftar 10 Kampus di NTB, Bali, dan NTB yang Ijazahnya tak lagi diakui:

A. Provinsi Nusa Tenggara Barat :

1. Akademi Manajemen Surya Mataram

2. Akademi Teknik Bima

3. STIKES Yahya Bima

4. Sekolah Tinggi Teknik Bima

5. STAI Sultan Abdul Kahir NTB.

B. Propinsi Bali :

1. Sekolah Tinggi Teknologi Dan Kejuruan Gianyar

2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jembrana.

C. Provinsi NTT :

1. STKIP Indonesia Kupang

2. Sekolah Tinggi Ilmu Teknologi Kelautan

3. Universitas PGRI Kupang

Load disqus comments

0 comments