Semarakkan Ramadhan, SMA Negeri 2 Woha Gelar Peringati Nujulul Qur'an dan Buka Bersama


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Momen Bulan Suci Ramadhan 1444 - H/2023M, SMAN 2 Woha Kabupaten Bima Gelar kegiatan Nujulul Qur'an dilanjutkan dengan Buka Bersama (Bukber) di lapangan Sekolah Setempat. Sabtu, (15/04/23).

Sempat hadir dalam Nujulul Qur'an, KUA Woha, Babinsa Woha, Bhabinkamtibmas Woha, Tokoh Agama sekitar, Tokoh Masyarakat, Wali Murid, Guru-guru SMA Negeri 2 Woha, serta siswa siswi kelas X sampai Kelas XII SMA Negeri 2 Woha.

Buka Puasa Bersama disaat Bulan Suci Ramadhan memiliki makna dan momen tersendiri, Dimana tujuan buka puasa bersama saat bulan Ramadhan, kerap dijadikan momen untuk bersilaturahmi 

Salah satunya yang dilaksanakan di SMAN2 woha, Kegiatan Bukber diikuti sejumlah guru pendidik, Kepala Sekolah, tata usaha sekolah, komite sekolah, wali murid yang mewakili, serta siswa siswi kelas X sampai Kelas XII.

Kepala Sekolah SMA2 woha Muhamad Ali, SE, dalam sambutannya, berbuka puasa bersama ini dirangkaikan tema "NUZULUL QUR'AN" "jadikan Al-Qur'an sebagai peranan hidup untuk senantiasa Menerangi Hati dan Jiwa Setiap Manusia", 

"Meskipun ini bukan sekolah berbasis agama, tetapi kita mengedepankan pendidikan agama, semua hari hari besar agama islam kita laksanakan tidak lain untuk menjadikan anak didik kita berakhlak, sesuai dengan pancasila yang pertama," katanya.

Di momen Ramadan ini kami mengajak kita semua untuk menjadikannya sebagai wahana untuk lebih mengeratkan tali silaturahmi dan ukhuwah para guru dan staf serta siswa," tuturnya.

Selanjutnya, KUA Woha, Drs. Syarifuddin , H. Usman yang diundang khusus memberikan tauziah sesuai tema, "NUZULUL QUR'AN"

Jadikan Al-Qur'an sebagai peranan hidup untuk senantiasa Menerangi Hati dan Jiwa Setiap Manusia", mengajak para siswa untuk mengisi bulan Ramadan yang penuh keutamaan ini dengan sebaik-baiknya.


"Dalam Islam, berbuka dengan makan bersama sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat untuk membuka pintu berkah.

Hikmah buka puasa bersama banyak dikisahkan dari sahabat Rasulullah, disebutkan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah makan sendirian. Rasulullah juga pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan, Karena itulah tujuan buka puasa bersama memiliki ragam manfaat dan hikmah.

Sebelum mengulas hikmah berbuka puasa bersama, kegiatan Bukber di SMAN2 woha dirangkum dengan doa bersama, mendengarkan tauziah, serta sembahyang magrib berjamaah, dan di lanjutkan makan bersama. (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments