Polres Bima Gelar Pasukan dan Latpraops Dalam Rangka Ops Patuh Rinjani 2022


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Kepolisian Resor Bima Polda NTB menggelar kegiatan Gelar Pasukan dan Latihan Pra (Latpra) dalam rangka Ops Patuh Rinjani 2022, Jum’at (08/07/22).

Operasi Patuh Rinjani 2022 ini dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polda NTB selama 14 hari terhitung mulai tanggal 11 Juli 2022 sampai 24 Juli 2022.

Menurut Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka, kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Bima, Kompol Yusuf, dan dihadiri oleh Kasat Lantas, Iptu Niko Hardyanto, S.T.K.,S.I.K, dan Kasub dal Ops, serta para anggota yang dilibatkan.

Dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolres Bima, Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, menekankan 6 point kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi Ini sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas.

Pertama, pelaksanaannya harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku.

Kedua, agar menjaga keselamatan personal dalam pelaksanaan tugas terutama ketika melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas.

Ketiga, agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab guna mencapai hasil yang diharapkan.

Keempat, agar mengoptimalkan sinergitas dan kerjasama yang baik antar Lembaga terkait selama operasi berlangsung, sehingga tujuan operasi dapat tercapai.

Kelima, Agar bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamseltibcar lantas.

Keenam, Kepada para pejabat utama maupun para padal operasi di lapangan, agar melaksanakan pengawasan secara melekat terhadap personel di lapangan. Dan melaporkan setiap kegiatan secara berjenjang termasuk pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan sehari-hari secara tertulis sesuai format pelaporan.


Selain itu, Kapolda NTB merincikan jenis pelanggaran prioritas yang bakal ditindak. Yakni :

Pertama, menggunakan HP pada saat berkendara.

Kedua, pengendara kendaraan bermotor yang dibawah umur.

Ketiga, boncengan lebih dari satu orang.

Keempat, tidak menggunakan Helm SNI/Safty Belt.

Kelima, pengandara dalam pengaruh atau konsumsi alkohol.

Keenam, melawan arus, dan ;

Ketujuh, berkendara melibihi batas kecepatan.

Ops patuh rinjani 2022 ini akan mengusung tema "Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa".  

“Melalui tema ini saya berharap polda NTB dapat ierkontribusi maksimal dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat, khususnya kaum generasi milenial, sehingga mereka dapat lebih paham akan hukum yang berlaku dan mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas guna menyelamatkan generasi penerus bangsa di masa mendatang,” bunyi kutipan amanat Kapolda NTB.

Usai Gelar pasukan, kegiatan kembali dilanjutkan dengan Latihan Pra (Latpra Ops (Latpraops) Patuh Rinjani 2022, di Aula Rapat Tambora Polres Bima Pukul 09.00 Wita. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar