Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Gelar Bimtek Optimalisasi Lahan.


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Dinas Pertanian gelar Bimbingan Teknis Optimalisasi Lahan, Kegiatan ini membahas Urgensi Penetapan Lahan Pangan Berkelanjutan (LP2B), Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) dan Lahan Cadangan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LCP2B). Selasa, (12/07/22).

Sesuai pengertiannya, Lahan pertanian Pangan Berkelanjutan atau yang sering disingkat LP2B merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan nasional.

Kesiapan lahan yang sesuai sangat berpengaruh dalam mewujudkan ketahanan pangan, sehingga ketersediaan pangan memang wajib terhadap semua Daerah baik yang memiliki potensi besar pertanian pangan maupun yang tidak berpotensi.

Selain dari kesiapan lahan, perlu juga dilakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), karena sejatinya pengetahuan dan wawasan mereka menjadi faktor utama pendorong terhadap Optimalisasi lahan sehingga terwujudnya peningkatan penyediaan pangan yang lebih produktif, dan berkelanjutan.

Kasi RPLPT Johan, SP menjelaskan, kegiatan yang kita gelar pada hari ini, tujuan utamanya adalah bagaimana upaya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), karena dalam waktu dekat ada rencana pemerintah untuk memberikan bantuan optimalisasi lahan.

Maka dalam hal ini, untuk menjemput program tersebut paling tidak kita harus fokus pada persiapan Sumber Daya Manusia (SDM), karena kalau kita memiliki (SDM) yang mempuni maka setiap program yang dilaksanakan akan maksimal, dan itu yang paling penting. Pungkasnya.

Dalam kegiatan optimalisasi lahan ini ada beberapa hal yang akan di capai, seperti, bagaimana upaya peningkatan Indeks pertanaman, misalnya biasa tanam satu kali, maka melalui kegiatan ini, masyarakat akan bisa bisa meningkatkan pananaman sampai dua kali.

Dan misalkan dalam satu kawasan itu baru setengah, mungkin bisa menanam penuh, artinya ada peningkatan dan penambahan baik dari Intensitasnya maupun luasannya, ungkapnya.

Ditempat yang sama Kabid RPLPT Hanafi, SP menjelaskan, kami adakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan untuk bagaimana mereka implementasikan pada saat pelaksanaan nanti, dan kita tidak ingin adanya program dari pemerintah lalu kemudian (SDM) kita tidak mendukung.

Banyak hal yang harus kita terapkan demi peningkatan Sumber Daya Manusia, sebab tujuan optimalisasi lahan ini bukan sebuah wacana yang tidak didukung oleh itu, maka harapan saya dengan kegiatan semacam ini, kedepannya masyarakat lebih memahami bagaimana meningkatkan intensitas tanam hingga berdampak pada peningkatan Indeks pertanian khususnya di Wilayah Kabupaten Bima. Pungkasnya. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar