Maju Sebagai Calon Kades, Jubair Paparkan Visi dan Misi


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2022 memasuki tahap penyampaian Visi dan Misi. Pada tahapan ini, salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Jubair H. Abdollah, SH memaparkan Visi dan Misi. Rabu (22/06/22).

Saat menyampaikan Visi dan Misi, Cakades nomor urut 01 itu mengungkapkan, kepada masyarakat Desa Tangga bahwa keberhasilan pembangunan tidak dapat diukur dengan janji dan kata – kata. Karena pada prinsipnya pembangunan harus diukur apa dan sejauh mana pembangunan itu telah dikerjakan serta memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

“Pembangunan yang sebenarnya adalah fakta atau kenyataan dari suatu usaha yang telah membuahkan perkembangan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, pungkas Jubair.

Berikut Visi dan Misi yang siap dijalankannya ketika kembali diberi kesempatan oleh masyarakat Desa Tangga 

VISI : 

- Gotong Royong Membangun DESA TANGGA Yang Jujur, Adil, Sejahtera, Berbudaya Dan Berakhlak Mulia.

MISI :

- Mewujudkan pemerintahan Desa yang jujur dan berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

- Mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.

- Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh perangkat desa.

- Mewujudkan sarana dan prasarana desa yang memadai.

- Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa.

- Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa yang maksimal.

- Meningkatkan kehidupan desa secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan

                   PROGRAM KERJA

            1. BIDANG PEMERINTAHAN

Pemerintahan Desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan nasional, di mana permasalahan dimulai dari desa. Untuk itulah Pemerintahan desa harus jujur, profesional, amanah, ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta cepat dan tegas dalam mengambil keputusan. Untuk menciptakan pemerintahan yang baik seperti di atas, perlu dilakukan beberapa hal :

- Pembenahan Aparatur Pemerintahan Desa

- Aparatur pemerintahan DESA TANGGA perlu dioptimalkan kinerjanya agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan Aparatur Desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

- Transparansi Keuangan

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepala desa dan aparatur desa, segala keuangan harus transparan atau terbuka. Transparansi keuangan yang dimaksud adalah di mana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang di dapat dengan pengalokasiannya minimal satu kali dalam setahun atas musyawarah masyarakat desa, serta membuat laporan kepada BPD.

- Sinergisitas dengan BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh/wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa serta penampung aspirasi masyarakat harus diajak musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah strategis terhadap pembangunan di desa. Selain itu BPD juga diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

- Peningkatan Pelayanan Publik

Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda bedakan status dalam masyarakat. Sepanjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku.

          2. BIDANG PEMBANGUNAN

Pembangunan pada hakikatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik, menjadi baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi manfaat, dan dari yang rusak menjadi bagus.

Prioritas utama yang harus dilakukan oleh kepala desa dalam pembangunan desa adalah ; 

- Pembangunan akhlak

Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadi manusia yang berakhlak karimah. Sarananya adalah pengajian-pengajian, majelis taklim, serta kegiatan-kegiatan positif seperti mengadakan pembinaan bersholawat bersama. Hal ini perlu mendapat perhatian serius terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin modern.

- Pembangunan fisik

- Pembangunan sarana transportasi

- Pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat yaitu dengan pengaspalan jalan pokok dan jalan lintas persawahan.

- Pembangunan sarana pendidikan non formal.

- Memberikan kepedulian penuh dengan menambah insentif bagi guru TPA dan TPQPembangunan bidang olahraga.

- Memberikan pembinaan bagi keolahragaan di desa dengan cara memberikan aset permodalan untuk bisa dikelola oleh karang taruna desa, sehingga pengembangan potensi pada cabang- cabang olahraga dapat berjalan secara optimal.

                 3. BIDANG PERTANIAN

Sebagian besar penduduk DESA TANGGA adalah hidup dari hasil pertanian, sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para petani di desa, seperti sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, dengan demikian desa akan hadir memberikan peningkatan permodalan melalui BUMDES dan unit koperasi. Sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani desa.

 4. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN  

Meliputi :

- Mengoptimalkan kinerja RT dan RW

- Pembinaan PKK

- Memfungsikan BUMDes

         SASARAN YANG INGIN DICAPAI

              1. BIDANG PEMERINTAHAN

- Pemerintah Desa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, transparan dan amanah.

- Pelayanan kepada masyarakat cepat, mudah dan ramah.

- Tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan desa baik dalam bidang pelayanan maupun bidang keuangan.

             2. BIDANG PEMBANGUNAN

- Terbentuknya masyarakat yang berakhlak mulia

- Tersedianya sarana transportasi yang baik, pendidikan TPA dan TPQ lebih maju dengan kedinamisan.

- Terwujudnya persatuan olahraga desa di bawah kepemimpinan karang taruna desa dengan berbagai cabang olahraga seperti sepak bola dan bola voli dengan sistem keuangan yang baik.

                3. BIDANG PERTANIAN

- Berfungsinya kelompok tani

- Terwujudnya kelompok tani dengan permodalan yang baik melalui koperasi.

4. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

- Terwujudnya profesional kinerja RT dan RW

- Berfungsinya PKK sebagai wadah bagi pembinaan kepada ibu-ibu untuk berkarya.

- Terbentuknya BUMDes yang transparan.

Di akhir penyampaian ia berharap, kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya, pemuda dan mahasiswa hendaknya selalu disikapi secara bijak dan kepala dingin, dan bergandengan tangan membangun Desa yang tentram, damai dan sejahtera, serta religius.

Dan untuk kesekian kalianya saya meminta do,a dan dukungannya kepada seluruh Elemen Masyarakat, Pemudan dan Mahasiswa pada umumya, tutup Cakades Nomor Urut 01 itu. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar