Usai Buka Puasa Bersama Wartawan, Kapolres Bima Beberkan Strategi Penanganan Kasus Panah.

Kabupaten Bim. Media Dinamika Global.Id. Jajaran Polres Bima menggelar Buka puasa bersama, dalam kegiatan tersebut hadir juga jajaran Wartawan se-Kabupaten Bima. (Senin 25/04/22).

Dalam kegiatan buka puasa bersama itu, Kapolres Bima menyampaikan beberapa hal terkait keamanan dan ketertiban yang terjadi di Kabupaten Bima, dimana saat ini terjadi kasus panah misterius dan pelakunya rata-rata anak dibawah umur.

Akhir-akhir ini aksi panah yang terjadi di wilayah hukum Polres Bima maupun Kota Bima, yang kini sangat meresahkan warga masyarakat Bima pada umumnya, dan kasus seperti ini menjadi hal yang perioritas untuk ditangani dan di selesaikan olah jajaran Polres Bima.

Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, SH, S.I.K., menyampaikan bahwa jajaran Polres Bima memiliki tiga strategi dalam penanganan berbagai kasus yang terjadi di Wilayah hukum Polres Bima.

Kapolres beberkan Diantaranya Pre-Emtif. Pre-Emtif menurut Kapolres adalah adanya keterlibatan Sekolah, Lingkungan masyarakat dan peran Orang Tua.

Banyak hal yang bisa dilakukan disekolah untuk dalam membantu pihak jajaran Polres Bima terkait dengan merambatnya kasus panah ini, misalkan, di sekolah anak-anak bisa diberikan struman positif sehingga mereka tidak akan bergaul dengan hal-hal yang tidak baik, dan sekolah juga harus bisa menghadirkan polisi didalamnya, karena kehadiran polisi maka akan menjadi kebanggaan bagi mereka, sehingga ada persepsi dalam pembentukan karakter siswa dan siswi di sekolah dengan program Polisi Siswa” pungkas Kapolres.

Sedangkan Lingkungan kita arahkan Bhabinkamtibmas karena Babinkantibmas itu memiliki kedekatan dengan anak-anak sehingga bisa menguasai mereka dengan cara mengumpulkan, dan membuatkan kegiatan sehingga dapat terkontrol oleh Babinkamtibmas.

“Dan peranan orang tua pemerintah Daerah laksanakan sosialisasi dan memberikan edukasi serta back up oleh Bhabinkantibmas melalui door to door systim” demikian ungkap Kapolres.

Lanjut Kapolres bahwa strategis kedua adalah Preventif dalam hal ini digelar patroli gabungan TNI-Polri dan Pemda melaksanakan Patroli skala besar, Patroli Blue light dilakukan seluruh jajaran Polsek di Wilayah Hukum Polres Bima yang terfokus pada peniadaan niat dan kesempatan.

Strategi ke tiga menurut Kapolres adalah langkah Prefentif.

“Prefentif jauh hari sebelum kejadian terjadi, pasukannya adalah Bhabinkamtibmas” ungkap Kapolres.

Lanjutnya, Prefentif apabila kegiatan pre entif gagal sehingga lakukan patroli ringan sedang dan besar.

Represif penegakan hukum apabila loss pre entif dan prefentif pasukannya adalah Reskrin, Resnarkoba .

“Ada kejadian kita tangani, kita proses dan itu kami lakukan” ujar Kapolres.

Motif mereka ini apa tanya Iko Media Metro TV ?

Kapolres membeberkan bahwa jajaran Polres Bima sekarang sedang tangani beberapa kasus adanya sebuah kejadian adalah menyelesaikan nya.

“Yang nyata kita selesaikan dulu untuk kasus yang sedang ditangani sehingga motifnya sedang di pelajari secara mendalam” pungkas Kapolres. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar