Dankodiklatal Hadiri Wisuda Sarjana Universitas Hang Tuah

Surabaya. Media Dinamika Global.id. Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono menghadiri Wisuda D3, S1 Angkatan ke-55 dan S2 Angkatan ke-33 Universitas Hang Tuah TA 2022 di Gedung Graha Samudera Ganesa (GSG) Pulau Benggala Kampus Laut Biru, Jl. Arif Rahman Hakim 150 Keputih, Surabaya. Sabtu, (26/3/2022).

Prosesi wisuda tersebut diikuti 583 Wisudawan Universitas Hang Tuah (UHT) Semester Gasal TA 2021/2022, yang dikukuhkan oleh Rektor UHT, Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yang juga Ketua Pembina Pengurus Yayasan Nala, yang menaungi perguruan tinggi Universitas Hang Tuah.

Sehubungan dengan masih adanya pandemi Covid 19 sekaligus menerapkan kebijakan Kemendikbud Ristekdikti serta aturan kebijakan pemerintah daerah tentang Prokes maka dalam wisuda ini dilaksanakan secara Luring yaitu menghadirkan sebagian mahasiswa calon wisudawan dari perwakilan masing masing Fakultas dan prodi sedangkan peserta lainya mengikuti secara Daring.

Rektor UHT, Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR. dalam sambutanya menyampaikan bahwa Universitas Hang Tuah tetap konsisten dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui seluruh kelembagaan dibawahnya untuk tetap bervisi dan misi kemaritiman.

Hal ini dapat dibuktikan pada proses pembelajaran pada semua program studi ditambahkan mata kuliah muatan lokal IPTEKS Kelautan dan atau Kemaritiman. Tidak berhenti pada proses pembelajaran tersebut di atas, UHT juga sedang melakukan pengembangan dalam bentuk pengajuan S3.

Selain itu setiap penelitian diarahkan pada pengembangan IPTEKS Kelautan seperti inovasi dalam perkapalan, pemanfaatan biota laut untuk pengobatan, inovasi dalam percepatan proses pemulihan kesehatan, peningkatan psychological well being bagi pelaut, serta pembaharuan – pembaharuan ketentuan peraturan tentang kemaritiman.

Menurutnya secara berkelanjutan UHT juga melaksanakan pendampingan pada masyarakat Nelayan/Pesisir sebagai salah satu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pada acara Rapat Terbuka Senat Universitas Hang Tuah ini Rektor UHT juga menyampaikan dengan bangga melepas wisudawan 583 yang terdiri dari Program Diploma 3: 68 orang, Program Sarjana: 463 orang dan Program Magister: 52 orang. Dengan demikian hingga saat ini UHT telah mewisuda 14.361 orang terdiri dari Program Diploma 3: 2.514 orang, Program Sarjana: 11.466 orang dan Program Magister: 516 orang.

Berdasarkan jumlah di atas, betapa UHT telah membekali belasan ribu mahasiswa tentang softskill maupun hardskill sebagai modal kelanjutan di kehidupan sosial. Kebutuhan skills tersebut diantaranya fast think dan fast solution dalam menyelesaikan masalah yang semakin kompleks dan beragam, berpikir kritis, kreatif, inovatif, mampu mengelola manusia/orang, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, orientasi melayani, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

“Bekal pendidikan adalah kunci solusi atas krisis pembelajaran dan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa.” jelas Rektor UHT ini.

Kepada para wisudawan Universitas Hang Tuah Rektor UHT ini berharap menjadi agen perubahan, dan penggerak untuk menghasilkan berbagai solusi yang dihadapi dari kompleksitasnya permasalahan bangsa saat ini. MDG 002.
Load disqus comments

0 komentar