PPNI Adakan UKom Perawat Gel-II Profesi Ners dan Vokasi di SMKN 1 Kota Bima


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id.- Persatuan Perawat Nasional (PPNI) adakan Kegiatan UKom bagi Peserta Ujian Kompetensi(Ukom)Perawat Gel-II Profesi Ners dan Vokasi(D3)TUK SMKN 1 Kota Bima pada Tanggal 12 Desember 2021(Vokasi/D3) Tanggal 08-09 Januari 2022(Profesi Ners). Kegiatan ini diprakarsai oleh PPNI yang berlangsung di SMKN 1 Kota Bima dimulai Sekitar Pukul 08.00 Wita pada Ahad, 09/01/2022.

Koordinator Wilayah Bima-Dompu Kurniadi,M.Kes pada Media ini mengatakan Bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya dapat membantu Para Perawat untuk memperoleh Izajah Nersnya, jika tidak diikuti,maka mereka tidak diperbolehkan untuk menjadi pelayanan pasien sebagai syarat-syarat untuk pendidikan.

Adapun syaratnya itu adalah harus melalui uji kompetensi bagi teman-teman perawat yang sudah berkali-kali tidak lulus ujian, UKom ini diperuntukan bagi yang sudah pernah tapi belum juga lulus. Maka syarat utama harus memiliki Sertifikat dan ini suatu kewajiban yang dapat di tunda lagi. Jika ditunda,maka Perawat tersebut tidak dapat menjalankan tugas profesinya sebagai perawat.


Demikian juga karena pentingnya Memiliki Ijazah dan atau Sertifikat ini,Peserta Lulusan S1 dan D3 Keperawatan yang di anggap selesai Kuliahnya, jika tidak memiliki Sertifikat ini pun tidak dapat mengikuti Calon Pegawai Negeri Sipil. Katanya

Masih menurutnya, bahwa Jumlah peserta yang mengikuti uji kompetensi ners yang di laksanakan pada bulan yang lalu sebanyak 51 orang dan sekarang sebanyak 130 peserta yang terbagi dalam tiga Kabupaten/Kota yaitu Kab.Bima,Kota Bima, dan Kab.Dompu.

Sebagaimana sebelumnya dapat kami jelaskan bahwa tempat ujian kompetensi SMK 1 Kota Bima, kalau Dulu saat Bulan Puasa Kami tengah melaksanakan TUK dengan Jumlah Peserta sebanyak 51 Peserta. Sementara jumlah yang sekarang sebanyak 130 peserta. Dan Alhamdulillah dari jumlah Peserta 100% Hadir.

Ini tentunya berdasarkan hasil presensi atau absensi kami dari Panitia Penyelenggara tadi sebelum berlangsungnya Kegiatan itu. Alhamdulillah hadir semuanya dan saya sangat apresiasi sekali terhadap kehadirannya. Di sisi lainnya mereka sangat antusias untuk mengikuti uji kompetensi

Kegiatan ini akan berlangsung sehari ini, hanya satu hari saja tepatnya pada Hari Minggu ini, sebenarnya kalau dipusat sudah dimulai dari kemarin kemudian dibagi dalam sehari terdiri dari 3 sesi yaitu mulai masuk pagi dan masuk siang tapi kebetulan kita ini ruangannya sudah memenuhi syaratnya. Kita menggunakan sehari saja.

Setelah ujian ini mereka sudah dipastikan kelulusannya 100%,tergantung apakah peserta tersebut memperoleh Nilai Kompetensinya maksimal ataukah tidak. Jadi tahap-tahap ini yang harus dilewati oleh peserta tersebut digunakan. Oleh karena itu, sebelumnya mereka kita berikan Modul lalu kemudian Peserta dianjurka untuk melakukan pengisian modulasi kemudian dipelajari lebih awal.

Dengan mempelajari materi tersebut kemungkinan dapat memberikan hasil yang tinggi sekali. Jadi kita jadikan sebagai competensi dan pasti ada lagi program-program lainnya yang tentunya menjadi rujukan kita lalu kemudian dapat terselenggara seperti ini juga.

Adapun harapan yang bisa di sampaikan lewat media ini yakni mengharapkan dengan adanya uji kompetensi keperawatan itu menjadikan Para Peserta Lulusan yang sudah lama dan atau yang belum memperoleh Uji Kompetensi agar berusaha semaksimal mungkin untuk meraihnya. Karena kesempatan hanya sekali saja. Harapnya


Sementara itu pantauan Media ini tampaknya Para Peserta dengan Jumlah 5 Ruangan itu sangat kondusif,Khusyuk sekali dan masing-masing peserta Duduk sesuai dengan Nomor Pendaftarannya dengan Komputer dan meja yang telah di tentukan oleh Panitia.(***)
Load disqus comments

0 komentar