Ketua Dekranasda Kota Bima Resmikan Pameran Bazaar dan Kesenian UMKM


Kota Bima.  Media Dinamika Global. Id. Ketua Dekranasda Kota Bima HJ. 
Ellya HM. Lutfi meresmikan Pameran Bazaar dan Kesenian UMKM Kota Bima yang didukung oleh Disperindag, Dinas dikbud, Dinas Pariwisata Kota Bima serta beberapa Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bima. Turut hadir sejumlah UMKM yang mengisi stand yang tersedia, ditandai dengan pemotongan pita tempat di Pantai Lawata, kamis (23/09/2021).

Dalam Sambutannya Hj. Ellya HM Lutfi, SE menyampaikan ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung satu setengah tahun dan meruntuhkan perekonomian, namun oleh pengurus UMKM Kota Bima dipercaya masih ada harapan menuju kebangkitan. 

Sebagian besar pengusaha di Kota Bima termasuk dalam kategori UMKM, melihat pelaku UMKM di Kota Bima mengalami pertumbuhan negatif dan hanya 5,9% yang mengalami positif, sebaliknya tidak mengalami pertumbuhan, selain itu pelaku UMKM di Kota Bima banyak yang mengeluh. 

Ini yang terus digenjot.Kemudian atas situasi dan kondisi tersebut pemerintah telah memberikan stimulus melalui program PEN UMKM Tahun 2021. 

Dekranasda melihat beberapa pelaku UMKM di Kota Bima mulai menggunakan pemasaran digital ads maupun media serta membuka layanan pesan-antar.

Ketua Dekranasda Kota Bima Umy Elly sempat berkeliling melihat produk dalam acara tersebut, melakukan diskusi mengenai sejauh mana proses, pelatihan dan kendala yang selama ini dilalui.

Ketua Dekranasda  Kota Bima, Hj. Ellya HM Lutfi mengungkapkan, “Peran dan fungsi UMKM ini sangat penting untuk dikembangkan, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Kota Bima, untuk dapat mengambil peran dan tanggung jawab untuk pemberdayaan, penguaran ekonomi dengan struktur yang ada”.

Dengan usaha-usaha kecil di Kota Bima, bahkan tidak perlu dengan hal-hal besar karena dengan kondisi covid 19 UMKM ini dapat diarahkan dengan belanja online, meskipun masih banyak keluhan-keluhan para pedangang, namun harus ada antisipasi pelaku usaha online maupun online . 

Para pelaku UMKM tidak dibiarkan berjalan sendiri namun akan didampingi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah tambah Ketua Dekranasda

Selanjutnya, Koordinator acara pameran Bazar UMKM Kota Bima Drs H. Fahruraji, ME melaporkan acara ini memiliki tujuan untuk meningkatkan perekonomian produk Kota Bima dalam keadaan covid-19 untuk memberi gebrakan-gebrakan kecil bagi pelaku UMKM di Kota Bima agar dapat eksis.

Dalam Pameran Bazar dengan jumlah panitia 25 orang dan didirikan 13 Stand UMKM yang terdiri dari perwakilan dari Agro Bisnis, Kuliner, tenun bima, jajan dan Pariwisata yang merupakan produk-produk dari Kota Bima.

Umy Elly terus memberikan optimisme dan pesan-pesan agar UMKM saya lebih berkembang kedepan. “Terus jaga kualitas dan perbaiki kemasan terus. Jangan mudah puas, terus belajar, terus kreatif dan kreatif, serta gunakan medsos sebagai pemasaran,” Salah satu pelaku usaha Dengan UMKM Ningsih Kusumawati dengan label Maci Gallery pun turut mendukung dengan Umy Elly. (Team MDG).

Load disqus comments

0 comments