38 Unit Lapak Sayur Mayur Terminal Ginte Kab. Dompu Di Lahap Si Jago Merah


DOMPU-NTB,
Media Dinamika Global.Id --Kebakaran hebat menghanguskan 38 (Tiga Puluh delapan) unit lapak sayur mayur yang berada di Pasar Terminal Ginte, Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, pada Kamis (02/09/2021) sekitar pukul 13.30 WITA tadi siang. Masih belum diketahui secara pasti asal sumber api atau penyebab kebarakan tersebut, saat ini petugas masih melakukan olah TKP dan dan meminta keterangan pada saksi-saksi. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Menurut keterangan Kapolsek Woja, Ipda Abdul Haris, yang dikutip dari keterangan saksi-saksi, bahwa peristiwa tersebut bermula sekitar pukul 13.15 wita api pertama kali di lihat oleh IWAN, laki-laki, 46 tahun, Islam, swasta, alamat Lingk. Ginte, Kelurahan Kandai Dua dan YADIN, laki-laki, 38 tahun, swasta, alamat Lingk. Ginte Kel. Kandai Dua yang kebetulan berada di Pasar Terminal Ginte dan melihat kobaran api dari arah Lapak milik sdr. A. AJIS.

“Semula saksi mengira api berasal dari lapak Milik Sdr. Ajis yang sedang membakar sisa-sisa sampah akan tetapi tidak ada pemilik lapak dan api semakin membesar”, terang Kapolsek yang dikutip dari keterangan saksi.

Mengetahui hal tersebut,  sdr. IWAN dan sdr. YADIN berteriak minta tolong serta memberitahukan kepada warga sekitar bahwa ada kebakaran di lapak milik sdr. A. AJIS, selanjutnya warga yang datang berusaha memadamkan api namun api semakin membesar dan menjalar ke lapak milik pedagang yang lainnya. Kemudian warga menghubungi/menginformasikan kepada Pihak Kepolisian Polsek Woja yang selanjutnya petugas segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran.

“Tak lama berselang, 2 unit mobil pemadam api datang guna membantu memadamkan api.” lanjut Kapolsek.

Kapolsek menambahkan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut dan kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 300 juta.” imbuh Kapolsek.

Masih menurut Kapolsek, belum diketahui secara pasti asal sumber api atau penyebab kebarakan tersebut, saat ini petugas masih melakukan olah TKP dan dan meminta keterangan pada saksi-saksi.

Unit Intel Polsek Woja melakukan koordinasi dengan Kepala UPTD Pasar Terminal Ginte Bapak MUJAKIR AKBAR terkait dengan kebakaran Pasar Terminal Ginte, hasil koordinasi tersebut Kepala UPTD Pasar Terminal Ginte MUJAKIR AKBAR menjelaskan bahwa kebakaran dipasar Terminal Ginte belum diketahui penyebab kebakaran, api membakar 36 unit lapak sayur maayur milik pedagang pasar terminal dengan rincian 18 unit Lapak rusak berat dan 18 unit lapak rusak ringan.

Pukul 14.40 wita Kanit Identifikasi Sat Reskrim Polres Dompu BRIPKA MURIDAN beserta anggota tiba di TKP kebakaran dan langsung melakukan olah TKP Kebakaran dengan memasang Garis Polisi/Police Line dan mengidentifikasi lokasi kebakaran serta mengamankan barang bukti sisa kebakaran.

Secara terpisah, Kasi Pengendalian Pemadam Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Dompu, ketika dikonfirmasi awak media ini menerangkan, bahwa Dinas Pemadam Kebakaran menerima laporan pukul 13.20 WITA, selanjutnya dinas Pemadam Kebakaran mengirimkan 2 (dua) unit mobil pemadam dari Pos Pemadam Kebakaran Kabupaten Dompu, dengan kekuatan 6 (Enam) personel dan petugas sampai di lokasi pukul 13.25 WITA.

“Dinas Pemadam Kebakaran mengirimkan 2 unit mobil pemadam beserta 6 personel,” terang Kasi Pengendalian Pemadam Kebakaran.

“Api baru benar-benar dapat dipadamkan sekitar pukul 14.15 WITA.” jelasnya.(MDG.**). 

Load disqus comments

0 komentar