Musi Tidak Percaya,Aliansi Pemuda dan Masyarakat Desa Nunggi,Kades Diminta Undurkan Diri"


Bima NTB, Media Dinamika Global.id.Kamis(15/07/2021)Masa Aksi yang tergabung dalam forum Aliansi Pemuda dan Masyarakat Peduli Desa Nunggi kecamatan Wera Kabupaten Bima Melakukan Aksi Unjuk rasa didepan Kantor Desa Nunggi,

Namun sebelumnya forum Aliansi pemuda dan Masyarakat tersebut sekitar pukul 9.00 wita melakukan orasi keliling dari ujung keujung untuk mengajak seluruh elemen Masyarakat bergabung dan berkumpul di titik sentral yaitu didepan SMPN  Nunggi,Setelah berhasil mengumpulkan Masyarakat,tepatnya Rabu 14 juli 2021 dalam satu komando diarahkan kedepan kantor Desa  Nunggi sebagai titik fokus aksi unjukrasa.

Aksi unjuk rasa atau demo ini berawal dari sikap pemerintah Desa Nunggi yang tidak ada tanggapan yang jelas terkait hasil Audiensi yang dilakukan sama pemerintah Desa,sehingga Aliansi pemuda dan Masyarakat membutuhkan keterbukaan publik terkait penggunaan Anggaran Dana Desa ( ADD ) lebih husus pemberdayaan bibit kambing.


Kemudian Anggaran Dana Desa ( ADD )  Sekitar 1,8 miliar yang tidak dikelola dengan baik untuk kesejahtera,an rakyat,dan kebijakan pemerintah Desa Nunggi tidak berdasarkan Regulasi aturan negara republik indonesia,melalui musdus dan musdes sebagai mana telah diatur dalam UU Permendagri nomor.114 tahun 2014  Pasal  15 Ayat 2 yang berpegang pada Asas demokrasi,Dan dimana warga Desa memberikan hak untuk turut memegang kendali atas penyelenggara,an pemerintah tersebut.

Sementara Dalam UU KIP ( Keterbuka,an Informasi Publik ) nomor 14 Tahun 2008 Ayat 3 menjelaskan bahwa Setiap informasi Publik harus dapat diperoleh setiap pemohon informasi publik dengan cepat dan tepat waktu,biaya murah dan cara sederhana,oleh karna itu kami meminta pemerintah Desa harus transparansi dalam mengelola anggaran dana Desa (ADD) yang di anggarkan oleh Negara.

Selain itu secara bergantian masa aksi ber orasi, salah satunya BUHARI MUSLIM.memaparkan beberapa tuntutannya yaitu:

1,Transparansi ,kaitan Anggaran 

APBDES

2,Transparansi kaitan Anggaran BUMDES

3,Transpsransi kaitan Anggaran pengada,an bibit kambing.

Dan mendesak pemerintah Desa menjelaskan denganjelas sesusi mekanisme yang ada tentang pelaksana,an dan pengguna,an Anggaran tersebut.

Sementara MUHAMMAD ANANSYAH.juga merupakan tokoh Pemuda setempat menilai kinerja Kepala Desa (RAHMAT ANSARI SIP) tidak berhasil dalam kepemimpiannya untuk membangun Desa agar lenih maju,bahkan dianggap tidak berwawasan didalalam kepemimpinan.

Selain itu sa,at Awak Media menemui M IKBAL. selaku Ko,ordinator Lapangan (Korlap) di rumahnya mengatakan jika dalam limit waktu yang diberikan (jum,at 16 juli 2021) tidak bisa menunjukan data ril terkait dengan tuntutan itu,maka kami akan kembali beraksi dengan jumlah yang lebih banyak lagi dan akan melakukan penyegelan kantor Desa ungkapnya.

Disaat yang sama M IKBAL.menyampaikan pernyata,an sikapnya terhadap KepalaDesa ( RAHMAT ANSARI SIP red ) yaitu,Jika tidak mampu mengelola  Anggaran dengan baik,Kami yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan masarakat peduli Desa Nunggi meminta dengan hormat agar mengundurkan diri dari jabatan sebagai kepala Desa tegasnya. (Red MDG)

Load disqus comments

0 comments