Program Peternakan Sangat Berpotensi Di Kec. Tambora Menambah Income Daerah Kab. Bima Prov. NTB

Tambora Bima.Media Dinamika Global.Id. Selasa,17/11/2020. Geliat Peternakan di Kecamatan Tambora Kabupaten Bima Provinsi NTB menarik untuk diperhatikan.pasalnya Ternak yang akan dibudidayakan antara lain Sapi,Kerbau,Kuda,Kambing bahkan sampai unggas pun bisa di kelola dengan baik dan efektif di lihat dari berbagai sisi kelebihan serta iklim yang nyaman,aman.

Karena itu,Tambora merupakan daerah yang paling luas diantara kecamatan lain di wilayah kabupaten Bima yaitu 627,82 km persegi, dengan potensi tersebut tentu mempunyai lahan hijauan pakan ternak yang sangat luas. Hal ini berpeluang untuk membuka usaha penggemukan ternak sapi dan lain-lainnya.

Peluang tersebut yang sedang dikerjakan oleh para Pemuda di Desa Labuan Kananga, MASRAH ” Kita mencoba untuk menggerakan masyarakat dan pemuda di desa Labuan Kananga untuk program penggemukan sapi. Program ini merupakan terobosan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus menjaga kelestarian lingkungan agar tidak membabat dan menggunduli hutan”.


Sebagaimana kita tahu bahwa program penanaman jagung banyak dikeluhkan dengan kelestarian lingkungan, program ini sebagai solusi agar lingkungan terjaga tetapi masyarakat masih mempunyai pekerjaan sebagai penyambung hidup.

Dijelaskan secara terpisah oleh DEDY MT, program ini adalah program Tani Mandiri Nusa Tenggara Barat (Taman Nusatara) oleh Koperasi Mitra Santri Nusantara yang dilouching oleh Gus Sauqy anak wakil Presiden beberapa waktu lalu. Program ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak Indonesia dan sangat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bima untuk menambah Income Daerah.

Lebih jauh Duta DPRD Kabupaten Bima dari Tambora ini menjelaskan program ini pembiayaannya bekerjasama dengan Bank BNI 46 Cabang Bima dengan dana KUR dan didampingi dinas peternakan setempat. Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tambora.

Sementara warga penerima manfaat, HARMOKO mengatakan” Terima kasih saya ucapkan kepada pak dewan dari Tambora yang telah menjemput program ini, semoga program ini bisa berlanjut dan bermanfaat bagi kami masyarakat Tambora”. Program ini berlanjut ke tahun-tahun berikutnya dan masih terbuka untuk masyarakat lebih banyak lagi, harapnya

Juga Budidaya Ternak ini sudah banyak Kelompok yang sangat berhasil dan tentunya persiapan-persiapan sebelum melakukan kegiatannya antara lain persiapan Kandang,Pakan,Bibit,dan Pekerjanya sehingga semua program tersebut sangat menarik dan diminati oleh Peternak yang ada di Wilayah Kecamatan Tambora Kabupaten Bima Provinsi NTB.(MDG Anang Fajar Mustofa).

Load disqus comments

0 comments