KKB Tembak Anggota TNI-Polri saat Amankan Shalat Tarawih di Papua, 2 Aparat Gugur dan 1 Terluka


Puncak Jaya Papua Tengah   -  Media Dinamika Global.Id. - Aksi teror Kelompok kriminal bersenjata ( KKB) di Papua kembali memakan korban jiwa.

Kali ini KKB melakukan penyerangan terhadap personel  TNI- Polri yang melakukan pengamanan shalat tarawih di Kabupaten Puncak Jaya,Papua Tengah.

Peristiwa itu terjadi saat ketiganya melakukan pengamanan salat tarawih di Masjid Al Amaliah Ilu, Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Pegunungan, Sabtu (25/3/2023).

Akibat penembakan itu, dua anggota  TNI- Polri meninggal dunia.Sementara seorang lagi juga mengalami luka tembak, namun dalam keadaan sadarkan diri.

Adapun identitas anggota yang tertembak yakni Serda Riswar, anggota Koramil 1714-02/Ilu dan Bripda Mesak Indey, anggota Polsek Ilu.

Serda Riswar mengalami luka tembak di tulang belakang dan dagu bagian bawah, sedangkan Bripda Mesak Indey terluka di bagian perut.

Sementara satu personel lainnya, yakni Brigpol M Arif Hidayat, mengalami luka tembak di bagian paha.

dari keterangan yang diperoleh sementara, peristiwa bermula saat personel Koramil Ilu dan Polsek Ilu melakukan pengamanan ibadah di masjid.

Pada pukul 20.00 WIT, ada OTK yang menyerang anggota  TNI- Polri yang sedang berjaga.OTK tersebut melepaskan tembakan dari arah belakang masjid.

Namun, hingga berita ini diturunkan, Polda Papua belum bisa memastikan siapa pelaku penyerangan tersebut.

Sementara itu, menurut Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, pelaku diduga berjumlah dua orang dari salah satu kios di sekitar lokasi.

Penembakan tersebut dilakukan oleh 2 orang OTK dengan menggunakan satu pucuk senjata laras pendek dan satu senjata laras panjang," katanya dalam keterangannya, Sabtu (25/3/2023).

Setelah kejadian tersebut, situasi dan kondisi di Kabupaten Puncak Jaya siaga satu.

Kapolres dan seluruh anggota waspada untuk mengantisipasi adanya serangan susulan terhadap anggota di lapangan.

Pihaknya juga masih memburu pelaku penembakan.Polres Puncak Jaya saat ini sedang siaga satu dan melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan," terangnya.

Terpisah, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengungkapkan, insiden penyerangan  KKB ini dilakukan saat personel  TNI- Polri bertugas menjaga warga yang sedang melaksanakan  Salat  Tarawih di Masjid Al Amaliah Ilu, mulai Pukul 19.30 WIT. 

Kemudian sekitar Pukul 20.00 WIT,  KKB menyerang sehingga terjadi kontak tembak. Saat ini tim gabungan telah dikerahkan untuk mendalami pelaku penyerangan dari kelompok mana.

Dua korban gugur yakni Bripda Mesar Indey dan Serda Risawar. Sementara Brigadir M Arif Hidayat mengalami luka tembak di bagian paha dan sudah mendapat penanganan medis. 

Anggota masih mendalami pelaku penyerangan berasal dari kelompok mana," ujar Fakhiri, Sabtu (25/3/2023). 

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, telah mengerahkan anggotanya untuk mengejar dan menindak tegas pelaku penembakan.

Saya sudah perintahkan untuk anggota menangkap dan menindak tegas pelaku penembakan tersebut," tandasnya.

Sebelumnya tukang ojek bernama Irwan menjadi korban penembakan  KKB di pertigaan jalan Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (22/3/2023).

Anggota  KKB tersebut yang berpura-pura menjadi penumpang korban dan menembak ketika tiba di tujuan.

Setelah penembakan tersebut tim gabungan  TNI- Polri melakukan pengejaran terhadap  KKB hingga akhirnya terjadi kontak tembak. 

Dari kejadian tersebut, Danrem 173/PVY Brigjen Sri Widodo menyatakan ada tiga anggota  KKB yang berhasil dilumpuhkan, namun hanya satu jenazah yang bisa diamankan. 

Jaenazah yang berhasil kita amankan hanya satu orang, namanya Enius Tabuni (22), sedangkan dua jenazah KKB Papua lainnya berhasil dibawa oleh rekannya," ujarnya Kamis (23/3/2023/Morex Bima 05 ).

Load disqus comments

0 comments