Ilmuwan Ungkap Usia Air Lebih Tua dari Matahari

Jakarta - Media Dinamika global.Id.- Ilmuwan yang meneliti asal usul kehidupan di Bumi mengklaim bahwa air yang ada di planet kita ini sudah sangat tua. Studi terbaru bahkan mengatakan bahwa air itu lebih tua dari umur matahari.

Dilansir dari NDTV, Minggu (26/3) Studi yang diterbitkan melalui Nature ini ditulis oleh John J Tobin, seorang astronom di Observatorium Astronomi Radio Nasional di AS.

Kita sekarang dapat melacak asal-usul air di Tata Surya kita sebelum pembentukan Matahari," katanya.

Penelitian ini didasarkan pada temuan uap air di sekitar bintang muda V883 Orionis, yang terletak 1.305 tahun cahaya dari Bumi. Para ilmuwan mengatakan bahwa uap air yang mengelilingi bintang tersebut memiliki unsur kimia yang sama dengan air di Bumi.

Temuan inilah yang mendukung gagasan para ilmuwan yang menyatakan bahwa air di Bumi bahkan lebih tua dari Matahari.

Para ilmuwan luar angkasa menggunakan Atacama Large Millimeter Array (ALMA) untuk mengukur tanda kimiawi air dan jalurnya dari awan pembentuk bintang ke planet, menurut European Southern Observatory ( ESO )

Komposisi air dalam cakram sangat mirip dengan komet di Tata Surya kita. Ini adalah konfirmasi dari gagasan bahwa air dalam sistem planet terbentuk miliaran tahun yang lalu, sebelum Matahari, di ruang antarbintang, dan telah diwariskan oleh komet dan Bumi, relatif tidak berubah," ungkap Tobin.

Para peneliti sejauh ini mengatakan bahwa kometlah yang mengirimkan air ke Bumi. Mereka telah menemukan air dari awan ke bintang dan kemudian dari komet ke planet.

Sebelumnya, kita telah menghubungkan Bumi dengan komet, dan protobintang ke medium antarbintang, tetapi kita tidak bisa menghubungkan protobintang dengan komet. V883 Orionis telah mengubah itu, dan membuktikan molekul air dalam sistem itu dan di Tata Surya kita memiliki rasio deuterium dan hidrogen yang serupa," kata Tobin.

V883 Orionis adalah bintang yang masih sangat muda sehingga ia masih bertumbuh, dan dikelilingi oleh disk besar. Di sinilah air dengan tanda yang mirip dengan yang ditemukan di Bumi terungkap.( Morex Bima. 05 ).

Load disqus comments