KPM BESERTA PLD BAJO PULAU PANTAU LANGSUNG POSYANDU KELUARGA DI 2 POS


Sape Bima.NTB Media Dinamika Global.id Sabtu 23 Juli 2022 Ibu - ibu Kader Posyandu Dan Kader Lansia Desa Bajo Pulau bersama Petugas Kesehatan dari PKM Sape serentak menggelar kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Keluarga yang ada di 4 Pos Yaitu di Pos Suka Sehat 1 Dusun Bajo Barat, Pos Suka Sehat 2 Di Dusun Bajo Tengah,Pos Suka Sehat 3 yang juga berada di Dusun Bajo Tengah dan Pos Suka Sehat 4 di Dusun Pasir Putih yang merupakan Dusun Ujung Timur nya Provinsi NTB.

Petugas Kesehatan dan Pendamping Lokal Desa menuju Desa Bajo Pulau dengan menggunakan Perahu Motor dengan muatan penumpang sebanyak 34 orang.


"Posyandu Keluarga adalah suatu upaya pelayanan kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dilaksanakan secara komprehensif dan integritas antara Posyandu ibu,Anak, Posbindu, Posyandu Lansia,dan /atau lainnya yang ada di wilayah Dusun /Lingkungan dilaksanakan dalam satu tempat dan waktu bersamaaan dengan Tujuan Untuk Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di tingkat desa/Kelurahan.

Nampak terlihat Kader Pembangunan Manusia  (KPM) bersama  Pendamping Lokal Desa " Arif Budiman.S.Pi bersama sama melakukan monitoring dan Pendampingan Langsung Kegiatan Posyandu Keluarga yang rutin dilaksanakan setiap bulannya tepatnya 2 Pos yang berada di Dusun Bajo Tengah.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Sape termasuk keterlibatan Bidan Desa bersama sama  Memberikan Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat terutama untuk Ibu Ibu Hamil,Bay,Balita,Remaja dan Lansia.

Dengan adanya Kegiatan Posyandu Desa yang rutin dilaksanakan setiap bulannya masyarakat Desa Bajo Pulau terutama Ibu ibu hamil, Bayi dan balita kesehatan nya selalu terjaga dengan baik sehingga kedepan akan tercipta generasi generasi yang sehat dan cerdas, terutama untuk keselamatan Ibu dant Anak saat melahirkan.


Pendamping Lokal Desa Bajo Pulau juga memberikan Pembinaan khusus kepada para Kader Desa untuk bagaimana dapat berperan aktif dalam mensukseskan setiap kegiatan Posyandu Keluarga yang dilaksanakan setiap bulannya. Para kader  posyandu desa juga di minta untuk tidak bosan bosannya melakukan himbauan dan ajakan kepada masyarakat Desa  untuk terus dan selalu mendatangi tempat tempat Posyandu yang telah tersedia di setiap masing-masing Dusun.



Awak Media OnLine juga sempat melakukan wawancara langsung dengan salah satu kader Posyandu Suka Sehat 1 (Nely) bahwa Pada kesempatan ini juga Kami Para Kader juga akan menyerahkan PMT untuk beberapa Sasaran Bayi dan Balita terutama yang mengalami Gizi Buruk dan Stunting berupa Susu,Telur, Buah dan Bubur Kacang Ijo.(Sumber Anggaran Dana Desa Ta.2022).

jumlah Sasaran di 2 Pos yaitu Pos Suka Sehat 2 / 3 Dusun Bajo Tengah  Sebanyak : 

 - Bayi sebanyak 26 orang

 - Balita sebanyak 88 orang

 - Ibu Hamil sebanyak 6 Orang

 - Remaja sebanyak 20 orang  dan 

 - Lanjut Usia (Lansia) sebanyak 21 orang.Jelasnya..

Nampak terlihat juga para kader Posyandu dan Kader Lansia dengan penuh santun dan Ramah memberikan pelayanan terbaiknya kepada Masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan terutama bagi ibu Hamil,Bayi,Balita dan Lansia bersama petugas PKM Sape.


Salah seorang Kader Posyandu di Dusun Bajo Tengah (Pos Suka Sehat 3) Juga  sangat berharap peran serta dan Dukungan dari Pemerintah Desa melalui Dana Desa seperti PMT Pemulihan berupa pemberian Bubur kacang ijo,Telur,Snack,Dll untuk Bayi dan balita perlu di Naikan anggarannya pada tahun depan.

Termasuk ketersediaan sarana dan prasarana pendukung lainnya demi kelancaran dan kesuksesan selama kegiatan berlangsung seperti Penambahan Kursi Plastik setiap Pos dan tarpal terop,Timbangan Gantung dan Timbangan Digital.


Nampak terlihat juga antusias masyarakat mendatangi tempat tempat Posyandu sangat tinggi terutama Ibu,Balita dan lansia guna memeriksakan kesehatan secara gratis.

Alhamdulillah kegiatan Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat Desa di 4 Pos yang ada di Desa Bajo Pulau dapat Berjalan dengan lancar dan sukses. (Arf/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments