Rancang Sistem Jaringan Intra Daerah, Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima Lakukan Pemetaan Infrastruktur Teknologi


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfostik) Kabupaten Bima, hingga saat ini sedang menyusun Rancangan Sistem Jaringan Intra Daerah. Sesuai rencana, sistem jaringan intra daerah akan mulai dibangun pada tahun 2022 yang akan mengintegrasikan seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bima ke dalam sebuah jaringan intranet. Kedepannya, jaringan intranet diharapkan akan memaksimalkan kinerja perangkat daerah mulai kirim-terima data, tatap muka virtual,  hingga lalu lintas data (cread, read, write) secra cepat dan tanpa beban biaya.

“Pembangunan sistem jaringan intra daerah akan sangat membantu kelancaran proses administrasi, serta memangkas birokrasi dan ini merupakan salah satu indikator kinerja pemerintah daerah yakni pemerintahan berbasis e-Government, ” jelas Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Kamaruddin, S.Sos saat mengecek kesiapan dan kelayakan tower di area kantornya.

Kedepan, jaringan intra daerah ini diharapkan akan menjadi backbone transformasi data anttar Kantor OPD di Kabupaten Bima tanpa menggunakan internet, “Manfaat langsung akan terasa ketika jaringan intra daerah ini selelsai dibangun. Kita akan memililki jaringan backbone data antar Kantor OPD tanpa internet” tutup Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Kamaruddin, S.Sos.

Untuk mendukung ketepatan anlisis kebutuhan perangkat dan tenaga, tim teknis Bidang Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) melakukan pendataan, pemetaan infrastrukutr serta survey lokasi OPD baik yang masih berlokasi di Kota Bima maupun OPD yang berlokasi di area kantor Bupati Bima. “Setidaknya ada 18 OPD Kabupaten Bima yang masih berada di Kota Bima yang saat ini sedang kami lakukan survey kebutuhan perangkat, bahan dan tenaga kerja” terang Drs. Muhammad selaku Kepala Bidang PTIK.

Konektifitas jaringan yang akan dibangun menurut rencana, yakni 10 kantor OPD yang sudah berada di area Pemda Kabupaten Bima, 1 Kantor OPD di area Panda Kabupaten Bima dan 18 Kantor OPD di wilayah Kota Bima. Koneksitas jaringan integrasi yang menghubungkan Kantor OPD di area Pemda dengan Kantor OPD di Kota Bima akan terhubung melalui 3 buah tower yang telah dibangun oleh Pemda Bima sebelumnya. Tiga tower itu masing-masing berada di area Pemda, Desa Kala Kecamatan Donggo dan tower di area Kantor Diskominfostik Kabupaten Bima.  “Tiga tower inilah yang akan menjadi penyangga integrasi jaringan intra daerah yang akan dibangun, ” tambah Kasi Infrastruktur TIP, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng selaku Koordinator Lapangan Tim Survey.

[Tim Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima]
Load disqus comments

0 komentar